Satu pasien RSU Negara, Kabupaten Jembrana, Bali yang sebelumnya diisolasi dan masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) dinyatakan sembuh, dan boleh pulang.

"Dari pemeriksaan medis pasien tersebut menderita demam berdarah. Ia kami isolasi untuk antisipasi. Sekarang sudah dinyatakan sembuh dan boleh pulang," kata Koordinator Kesehatan Satgas Penanggulangan Covid 19 Jembrana I Gusti Agung Arisantha, di Negara, Jumat.

Ia mengatakan, pasien laki-laki berumur 50 tahun ini, meski diaganosa menderita demam berdarah, pihaknya melakukan isolasi dengan pertimbangan yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan ke daerah yang terpapar virus corona di Pulau Jawa.

"Selama dirawat tidak menunjukkan gejala ke arah Covid 19. Kami juga tidak melakukan pemeriksaan swab, karena tidak ada gejala batuk, pilek dan sesak nafas," katanya.

Selain itu, ia mengungkapkan, jumlah ODP di Kabupaten Jembrana sampai hari Jumat (27/3) bertambah empat orang dari sebelumnya 17 orang menjadi 21 orang.

Menurut dia, 21 orang tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, namun tetap dalam pengawasan petugas.

Baca juga: 17 warga Jembrana masuk ODP COVID-19
Baca juga: Petugas Posko COVID-19 Jembrana diperintahkan siaga

Dari empat orang tambahan yang masuk ODP tersebut, katanya, dua orang diantaranya berasal dari kepala dusun, sehingga total ada delapan kepala dusun yang saat ini masuk ODP.

"Saat ini orang yang masuk OPD mengalami gejala pilek, batuk dan demam. Tim kami terus melakukan pemantauan, apabila bertambah parah seperti sesak nafas, akan dilakukan tindakan medis lanjutan," katanya.

Ia mengungkapkan, warga masyarakat yang masuk ODP menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, dengan pengawasan dari pihaknya. Sampai saat ini di Kabupaten Jembrana belum ada status pasien dalam pengawasan (PDP) yang positif terpapar Covid 19.

"Beberapa waktu lalu ada pasien yang juga sempat menjalani isolasi di RSU Negara. Dari pemeriksaan laboratorium dinyatakan yang bersangkutan negatif Covid 19, sehingga saat sembuh boleh pulang," katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020