Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemi COVID-19 melalui gerakan #KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk di Bali.

"Gerakan KitaVSCorona merupakan langkah awal kepada seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19," kata City Manager Bali, Grab Indonesia, Kresno Wibowo, dalam siaran pers yang diterima, Senin.

Ia mengatakan pihaknya telah berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra Grab di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Bali.

Sementara itu, Kepala bidang angkutan jalan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Gunawan, menyambut baik inisiatif yang dilakukan perusahaan Grab dalam mengantisipasi wabah virus corona.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Grab Bali yang sudah mendukung upaya sosialisasi dari Dishub dan kami harapkan seluruh mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar dapat mengikuti panduan yang diberikan oleh Grab dengan baik. Sebagai garda terdepan, kami mengimbau seluruh mitra pengemudi untuk terus menjaga kebersihan dan terus melindungi diri, sesuai dengan panduan dan arahan yang telah diberikan. Jangan anggap remeh virus ini, tetap tenang namun waspada. Bersama lawan COVID-19. KitaVSCorona," katanya.


Masker, Hand Sanitizer, Vitamin

Pembagian ribuan masker, pembersih tangan (hand sanitizers) dan vitamin bagi mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di Bali secara bertahap selama sepekan ke depan sesuai dengan protokol jaga jarak sosial (social distancing).

Selain itu juga melakukan penyemprotan desinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di Bali. Edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 bagi mitra pengemudi secara online melalui aplikasi Grab Driver serta secara offline dengan protokol jaga jarak sosial.
    
"Mitra Pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform kami. Kami juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19," ujar Kresno.

Ia menambahkan mitra pengemudi juga dapat menggunakan manfaat GrabBenefits yang terdiri dari diskon untuk mencuci jaket, helm serta cuci motor dan mobil. Termasuk edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 bagi pelanggan melalui fitur GrabHealth yang menawarkan konsultasi kesehatan dalam aplikasi gratis kepada konsumen, yang dijalankan oleh tenaga medis profesional untuk menjawab pertanyaan seputar COVID-19.

Mereka juga dapat membeli produk kesehatan dan vitamin atau menebus suplemen melalui GrabRewards. GrabHealth juga akan secara teratur berbagi konten pendidikan dengan publik untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.


Inisiatif Grab

Inisiatif diatas melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona yang telah diluncurkan secara nasional yang diantaranya terdiri dari:

Fitur pemesanan tanpa kontak untuk layanan GrabFood dan GrabExpress: Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, kami telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak bagi pelanggan dan mitra pengemudi. Pelanggan GrabFood dan GrabExpress dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah berikut:

Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen  gedung yang bersangkutan.

Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.

"Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya," ujarnya.

Edukasi pencegahan COVID-19 bagi mitra merchant GrabFood pihaknya juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan.

Mitra pengantaran juga diimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.

Menghubungkan masyarakat dan bisnis dengan GrabExpress dengan semakin banyaknya bisnis yang mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah.

Ia menjelaskan pihaknya memperluas jaringan GrabExpress kami melalui kerja sama dengan Ninja Xpress. Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman on-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua dengan tarif yang terjangkau.

"Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan #KitaVSCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.(*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020