Jakarta (Antara Bali) - Bank Pembangunan Asia (ADB) mendorong keterlibatan lebih banyak pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur hijau dan mengemukakan tentang langkah perlindungan sumber daya alam yang dapat diambil di kawasan Asia-Pasifik.

"Di sekitar kawasan ini, para pemimpin telah menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi dengan kualitas yang lebih baik adalah dimungkinkan," kata Presiden ADB Haruhiko Kuroda dalam keterangan tertulis ADB yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Kuroda, pertumbuhan ekonomi dengan kualitas yang lebih baik itu adalah pertumbuhan yang secara bersamaan dapat memenuhi baik kemakmuran ekonomi yang lebih besar maupun menyediakan masa depan yang lebih bersih dan hijau.

Selain itu, kawasan Asia dan Pasifik juga harus melakukan perubahan baik struktural maupun sistemik yang mendalam dalam cara di mana barang-barang dihasilkan dan jasa-jasa diberikan.

"Ekonomi hijau itu sendiri telah menjadi mesin pertumbuhan dan membawa generasi baru dari lapangan pekerjaan hijau sehingga membawa kualitas hidup yang lebih tinggi," katanya.(*/R-M038)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012