Jember, 23/1 (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan 5,1 Scala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin, sekitar pukul 11.16 WIB.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di lokasi 9,76 Lintang Selatan - 113,31 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jember, Sandi Suwardi Hasan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari BMKG terkait dengan gempa itu, namun anggotanya masih mencari informasi kemungkinan terjadi kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan sejumlah camat di kawasan pesisir selatan Jember untuk mengetahui apakah ada kerusakan akibat gempa tersebut," kata Sandi yang juga Kabag Humas Pemkab Jember.

Dalam situs BMKG menyebutkan bahwa pusat gempa yang berkekuatan 5,1 SR tersebut terjadi pada 177 kilometer barat daya Jember, 180 kilometer tenggara Lumajang, 182 kilometer barat daya Banyuwangi, 232 kilometer barat daya Denpasar, Bali, dan 827 kilometer tenggara Jakarta.

Sejauh ini, kata Sandi, PMI Jember belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan dan fasilitas umum dari sejumlah desa dan kecamatan terkait dengan gempa bumi tersebut, namun pihaknya tetap siaga untuk memantau hal itu.(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012