Bhabinkamtibmas Desa Siangan Polsek Gianyar mengajar baca tulis dan berhitung terhadap warga penyandang Disabilitas yang tinggal di Yayasan Bhakti Senang Hati Banjar Teruna Desa Siangan, Kamis, pukul 09.00-10.00 wita.

"Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam mengentaskan buta aksara di mana tertuang dalam landasan pokok Pendidikan Nasional adalah UUD 1945 Bab XIII Pasal 31 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran," kata Aiptu I Kadek Sumerta, anggota Bhabinkamtibmas Desa Siangan Polsek Gianyar, di Gianyar Bali.
 
Kegiatan mengajar membaca, menulis dan berhitung kepada warga Disabilitas telah dilaksanakan sejak januari 2018 lalu. Setiap hari   Aiptu I Kadek Sumerta mengajar menulis dan membaca, demikian siaran pers Polres Gianyar.

Baca juga: Polres Gianyar ajak anak muda untuk cintai lingkungan

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung kebijakan Kapolda Bali yang termuat dalam Commander Wish Kapolda Bali Dalam rangka Akselerasi dan Dinamisasi Organisasi Tahun 2019 yang salah satunya adalah memberikan pelayanan kepada penyandang Disabilitas. 
 
Di samping itu hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Polres Gianyar dalam melaksanakan Zone Integritas WBK dan WBBM. Mengajarkan baca tulis kepada mereka yang berketerbatasan Tujuannya ialah untuk mewujudkan kualitas hidup yang berkarakter  sehingga tumbuh rasa percaya diri guna terciptanya kemandirian warga Disabilitas," ujar Aiptu I Kadek Sumerta, SH.
 
Baca juga: Program Gelatik, siswa SD di Bali dapat kumpulkan ratusan kilogram sampah plastik
I Nyoman Sukadana ketua Yayasan Bhakti Senang Hati mengatakan bahwa dirinya bersama penyandang Disabilitas yang ada di Yayasan merasa sangat bersyukur memiliki Bhabinkamtibmas yang selalu memberikan perhatiannya, tidak hanya mengamankan wilayah tapi juga peduli di bidang sosial dan pendidikan anak-anak Yayasan, ujarnya.
 
Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, ditempat berbeda, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Siangan merupakan bentuk dari kepedulian terhadap warga Disabilitas tentang apa yang mereka perlukan yang salah satunya mengajari mereka membaca dan menulis karena mereka juga perlu mengenal angka dan hurup agar mereka bisa hidup mandiri serta mendukung Program Kapolda Bali yang sangat peduli dengan warga Disabilitas.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020