Denpasar (Antara Bali) - Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dan kriminalitas di wilayah Bali selama Operasi Lilin 2011 meningkat dibandingkan 2010.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hariadi, Jumat mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi Operasi Lilin pasca Natal dan Tahun Baru, secara umum kondisi Bali dinyatakan aman dan lancar.

"Secara umum berjalan lancar dan aman, serta situasi wilayah Polda Bali cukup kondusif dan tidak ada kasus menonjol yang terjadi selama kegiatan berlangsung," ujarnya.

Namun, kata Hariadi, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, operasi Lilin 2011 mengalami peningkatan jumlah kriminalitas yang cukup signifikan yakni sebesar 77,77 persen dari 45 kasus menjadi 80 kasus pada tahun ini, baik pencurian maupun penganiayaan.

Sedangkan kasus kecelakaan juga terjadi peningkatan yakni sebesar 43,33 persen dari 60 kasus di tahun 2010 menjadi 86 kasus kecelakaan tahun 2011.

"Hal ini kemungkinkan disebabkan oleh padatnya arus lalu lintas sehingga pengguna jalan pun kurang berhati-hati. Bahkan banyak pengendara yang belum cukup umur dan kurang disiplin," ujarnya.(PWD/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012