Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Bali mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah Pulau Bali selama periode musim hujan.

"Untuk prediksi cuaca tiga hari kedepan, di Bali dapat terjadi hujan dengan intensitas ringan-lebat yang terkadang disertai kilat/petir," ujar Kepala Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan saat dikonfirmasi dari Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, untuk kondisi saat ini, sebagian besar wilayah Bali telah memasuki musim hujan dengan cuaca secara umum berawan dengan hujan berintensitas ringan-sedang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Bali.

Kondisi tersebut diantaranya disebabkan oleh aktifnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Selatan serta terdapat pola konvergensi atau pertemuan massa udara sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Taufik Gunawan juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang yang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Bali.

"Untuk angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya-Barat dengan kecepatan antara 9 hingga 40 kilometer perjam. Itu perlu diwaspadai khususnya di wilayah Bali bagian Selatan," tambahnya.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana seperti kilat atau petir, angin kencang secara tiba-tiba, pohon tumbang, genangan air, banjir dan tanah longsor.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan informasi dari BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem," ujar Taufik Gunawan.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020