Denpasar (Antara Bali) - Telkomsel telah melakukan uji jaringan di beberapa area di Bali hingga Nusa Tenggara yang diprediksi menjadi pusat keramaian menyambut Tahun baru 2012, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

"Uji jaringan kali ini lebih fokus ke penggunaan layanan data, baik menggunakan laptop maupun ponsel. Hal ini kami maksudkan untuk memastikan kenyamanan penggunaan jaringan saat melakukan komunikasi data yang telah menjadi kebutuhan pelanggan seluler," kata GM Network Operations Telkomsel Regional Bali Nusra, Ustriklanov Z Titus di Denpasar, Kamis.

Disebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan seluruh elemen jaringan melalui peningkatan kualitas dengan kapasitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pada saat menyambut datangnya Tahun Baru 2012.

"Dengan upaya maksimal yang telah dilakukan, kami berharap masyarakat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara semakin nyaman dalam memanfaatkan layanan sepanjang periode pergantian tahun serta sesudahnya," ujarnya.

Pemberian ucapan “Selamat Tahun Baru” dengan menggunakan fitur-fitur ataupun gambar saat ini marak dilakukan oleh masyarakat. Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan tersebut maka Telkomsel melakukan rangkaian peningkatan optimalisasi jaringan.

Menjelang perayaan Tahun Baru 2012, Telkomsel telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringan untuk mengakomodasi trafik komunikasi pada malam tahun baru yang diperkirakan meningkat 20 hingga 40 persen dibandingkan hari normal.

Untuk di Bali, kata Titus, peningkatan kapasitas jaringan difokuskan di daerah Kuta dan Seminyak yang menjadi pusat digelarnya berbagai aktivitas menyambut tahun baru.

Di wilayah Nusa Tenggara Barat, peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di Pulau Bima, sedangkan di Pulau Lombok perluasan jangkauan jaringan diintensifkan.

Khusus Nusa Tenggara Timur, fokus peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di Kota Kupang dan sekitarnya.

Dengan upaya optimalisasi jaringan yang sudah dilakukan tersebut, menurut Titus, pada libur Natal yang baru lalu pihaknya mampu mengantisipasi peningkatan trafik layanan komunikasi dengan baik.

Trafik layanan data pada Natal 2011 tercatat 4,5 Tera Byte, melonjak sekitar 28 persen dibandingkan trafik layanan data yang setiap harinya rata-rata 3,5 Tera Byte.

Peningkatan trafik juga terjadi pada layanan suara yang mencapai 867.000 erlang atau meningkat sekitar 16 persen dibandingkan trafik hari normal sebesar 749.000 erlang.

Sementara itu, trafik SMS yang dilayani pada Natal tahun ini relatif sama seperti hari biasa, yakni 15 juta SMS setiap harinya, demikian dalam penjelasan yang disampaikan melalui Pandu Maulana, Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011