Gianyar (Antara Bali) - Kunjungan wisatawan ke hutan kera, Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, bertepatan libur Natal ini jauh berkurang akibat daerah itu terus-menerus diguyur hujan.

"Kunjungan rata-rata saat liburan ini hanya sekitar 500 orang per hari. Ini jauh berbeda dibandingkan musim libur Natal tahun lalu," kata I Gede Gunarta, salah seorang pengawas kawasan wisata Monkey Forest, Minggu.

Tanpa menyebutkan data kunjungan tamu musim libur Natal tahun 2010, dia menyebutkan bahwa kondisi hujan yang tiada henti membuat wisatawan enggan melancong ke kawasan hutan kera tersebut.

Hal itu berbeda dengan kunjungan wisatawan ke Pasar Seni Sukawati yang tetap ramai. Pasar yang menjual aneka barang seni dengan harga murah itu tetap ramai dikunjungi, terutama oleh wisatawan domestik.

Menurut Kepala Pasar Seni Sukawati, I Nengah Nama Artawa, kunjungan wisatawan ke pasar yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan itu per hari mencapai sekitar 2.000 orang.

Peningkatan kunjungan wisatawan juga terlihat di beberapa objek wisata lainnya di Kabupaten Gianyar, seperti Goa Gajah di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, dan Tirta Empul di Desa Tampaksiring.

Wakil Kepala Polres Gianyar Kompol Jhony Lay mengatakan, pihaknya mengerahkan 391 personel untuk mengamankan perayaan Natal di Kabupaten Gianyar. "Sejauh ini kondisinya aman. Semoga terus demikian," ucapnya.(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011