Denpasar (Antara Bali) - Terpilihnya Sumaryanto Widayatin menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB), Minggu (4/12) diharapkan dapat membuka peluang untuk bersinergi dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS).

"Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Sumaryanto Widayatin menjadi Ketua Umum IA ITB. Kami juga berharap Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN ini bisa bersinergi dalam berbagai program untuk kemajuan Indonesia," kata Ketua Harian IKA ITS, Dr Ir Gunawan Adji, MT, Senin.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada ANTARA di Denpasar, Gunawan yang adalah Komisaris Utama PT Virama Karya (Persero) itu menjelaskan, kiprah alumni kedua institut teknologi ini sangat diharapkan bisa menghasilkan inovasi teknologi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Dari kedua institusi ini, kita harapkan dapat mendorong bermunculannya bibit inkubator bisnis berbasis teknologi (technopreneurship), bukan sekadar entrepreneurship (kewirausahaan)," tuturnya.

Salah satu kegiatan yang bisa disinergikan, katanya, adalah kerja sama antara Alumni ITB dengan IKA ITS dalam mendorong program pemerintah yang sedang dipacu, yakni MP3EI (Master plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

"Potensi alumni kedua institut teknologi ini sangat besar. Karena itu apabila kami bisa besinergi, tentu dampaknya akan bisa sangat luar biasa bagi pembangunan bangsa, termasuk dalam turut menyukseskan MP3EI," ucapnya.

Secara kebetulan, Ketua Umum IKA ITS, Irnanda Laksanawan, juga menjabat Deputi Bidang Industri Strategis dan Manufaktur, Kementerian BUMN. "Keduanya (Sumaryanto dan Irnanda) sama-sama di Kementerian BUMN. Ini tentu menjadi nilai tambah, paling tidak mereka sering bertemu dan mudah berkoordinasi secara langsung," kata Gunawan.

Program lain yg bisa disinergikan adalah riset bersama guna mewujudkan ITB dan ITS menjadi instutut teknologi bertaraf Internasional. "Di sini peran alumni tentu sangat dibutuhkan," katanya.

Program lain yang tidak kalah pentingnya di antaranya dukungan beasiswa nasional maupun internasional bagi para mahasiswa berprestasi. "Kami berharap bisa segera menindaklanjuti gagasan untuk bersinergi dalam berbagai program dan bidang ini," demikian Gunawan.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011