Pemkab Gianyar, Bali mengadakan “Job Fair 2019” pada 10-11 Oktober 2019,  untuk menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Job Fair ini merupakan kegiatan untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan penyedia kerja (perusahaan) secara langsung sehingga mempermudah proses kesempatan kerja, baik untuk penempatan di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Kadis Tenaga Kerja (Disnaker) Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita, di Gianyar, Kamis.

Job Fair itu merupakan kerja sama antara Ditjen Binapenta & PKK Kemenaker dengan Pemkab Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja menyelenggarakan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) di areal parkir Stadion Kapten I Waya Dipta, Gianyar.

Penyelenggaraan Job Fair kali ini mengusung tema “Pokoknya Harus Kerja” sebagai salah satu implementasi dan komitmen Kementerian Ketenagakerjaan berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerrja Kabupaten Gianyar bersama instansi terkait dan pihak swasta secara terpadu dalam upaya menekan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Gianyar.

Kegiatan ini sekaligus sebagai penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif.

“Penyediaan informasi terpusat melalui kegiatan Job Fair ini mempunyai nilai strategis. Karena dapat memberikan ruang komunikasi dua arah secara langsung antara pengguna dan pencari kerja. Sementara pemerintah bertindak sebagai fasilitator,” terang Dalem Jagadhita.

Sementara itu, Kabid Perluasan dan Kesempatan Kerja, Disnaker Kab Gianyar, I Wayan Prayana, mengatakan pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Gianyar Tahun 2019 diikuti oleh 30 perusahaan skala lokal dan nasional.

Dengan penempatan tenaga kerja regional Bali, termasuk penempatan tenaga kerja ke luar negeri dengan berbagai sektor lapangan usaha. Seperti, pariwisata, retail, perdagangan, PPTKIS, jasa wisata, jasa produksi dan lainnya dengan jumlah lowongan sebanyak 2.424 orang.

Kasi Bursa Kerja Khusus dan Swasta, Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan RI, Inneke Maria Siregar, SH mengatakan, Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Gianyar dalam rangka menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Gianyar.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan pemberi kerja, dengan harapan pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kompetensi serta memperluas wawasan perihal ketenagakerjaan saat ini. Sedang, bagi perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kualitas pekerjaan yang dibutuhkan.

Dikatakan, berdasarkan data Badan Puat Statistik (BPS) periode Februari 2019, jumlah angkatan kerja Indonesia sebanyak 136.18 juta. Dari data ini, jumlah pengangguran sebanyak 6.82 juta orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 5.01 persen.

Sedangkan, berdasar data BPS Kabupaten Gianyar, total TPT Kabupaten Gianyar pada Agustus 2018 sebesar 1,60 persen atau sebesar 4.978 orang.

“Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran adalah mismath antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga kerja,” kata Inneke Maria Siregar.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019