Negara (Antara Bali) - Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, mengingatkan para pegawai negeri sipil di lingkungannya mengenai pentingnya etika kerja.

Saat memberikan materi pembekalan kepada PNS golongan III di Negara, Jumat, Wabup mengatakan, etika sangat memengaruhi citra pamong praja secara keseluruhan.

Dia merasa perlu menekankan soal etika itu karena sering kali para PNS di Pemkab Jembrana menyepelekan etika.

"Padahal dari kelakuan yang beretika ini akan banyak diperoleh dampak positif baik bagi diri sendiri maupun pemerintahan," katanya.

Menurut dia, dalam beretika, seseorang harus memperhatikan beberapa hal, seperti lawan bicara, bahasa yang digunakan, dan pakaian yang tepat.

"Pakaian yang kita gunakan harus sesuai dengan acara yang hendak kita hadiri," katanya kepada para PNS yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam menentukan jabatan, salah satu penilaian yang menjadi perhatian utama adalah soal etika PNS yang bersangkutan.

Selain etika, Kembang juga menekankan masalah disiplin pegawai yang tidak kalah penting dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Menurut dia, jika terbiasa disiplin, seseorang tidak akan kesulitan menyelesaikan pekerjannya, meskipun cukup banyak.

"Ia juga tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh, seperti makan dan liburan. Asal disiplin, semuanya pasti tercapai," ujarnya.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011