Kodam IX/Udayana bersama dengan personel TNI - Polri jajaran pemerintah provinsi Bali, dan masyarakat melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove di sepanjang area pesisir Pelabuhan Benoa.

"Ini dilakukan serentak di seluruh nusantara dengan harapan TNI dapat berpartisipasi memberikan sumbangsih terbaik untuk bangsa dan negara ini, untuk aktivitas penanaman mangrove," kata Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Benny Susianto di Teluk Benoa, Senin.

Kegiatan penanaman mangrove, selain di Bali juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan total bibit mangrove yang ditanam sebanyak 344.000 bibit sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-74 TNI.

Benny menjelaskan pariwisata di Bali menjadi aset nasional yang harus tetap terjaga, salah satunya dengan merawat lingkungan ini, sebagai daerah wisata dan stabilitas keamanan.

"Khusus di Bali, yang menjadi aset nasional adalah pariwisatanya, maka salah satu tuntutan daerah pariwisata yang mampu bersaing dengan dunia atau negara lain selain stabilitas keamanan,juga terjaganya lingkungan karena ancaman terhadap lingkungan pasti mempengaruhi pariwisata di Bali," jelasnya.

Baca juga: Pelindo III tanam 50.000 bibit mangrove di Pelabuhan Benoa

Ia menambahkan salah satunya kegiatan yang bersifat peduli terhadap lingkungan yaitu dengan menanam mangrove di beberapa titik daerah yang sudah rusak. "Seperti saat ini kita lihat dengan adanya pengembangan pembangunan juga memberikan dampak terhadap lingkungan maka kita harus ikut menjaga itu," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap melalui aktivitas dan program ini dapat memberikan dorongan secara psikis terhadap masyarakat Bali. Selain itu dapat menumbuhkan dorongan motivasi untuk terus menjaga lingkungan agar lingkungan bisa menopang kehidupan yang ada di Bali. "Jangan sampai semakin lama alam ini semakin rusak yang disebabkan karena kurang kesadaran masyarakat atau manusia dalam menjaga lingkungannya," kata Benny.

Baca juga: Gubernur : Pelindo III setuju penataan ulang Pelabuhan Benoa

Dalam kesempatan itu, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V,  Koarmada ll, juga turut memecahkan rekor MURI penanaman bibit mangrove dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI tahun 2019 di Teluk Benoa.

Penanaman serentak 74 satuan TNI AL se-Indonesia ini dilakukan bersama unsur Muspida Provinsi Bali, TNI/Polri, Instansi Maritim, Pemuda Saka Bahari, Walhi dan semua lapisan masyarakat dengan mengambil tema "Selamatkan Bumi Kita Untuk Anak Cucu Kita".

Selain Pangdam IX/Udayana, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Bali Wayan Koster,
Danlanal Denpasar Bali, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kapolresta Denpasar, Kepala KSOP Kelas II Benoa, Kepala Pelindo Bali, Para Asisten dan Kepala Balaks Pangdam IX/Udayana, Ketua Persit Kartika Candra Kirana beserta Pengurus, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II beserta Pengurus Jalasenastri, Ketua Pia Ardya Garini beserta Pengurus.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019