Jakarta (Antara Bali) - PT Pelindo III mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui Pelabuhan Benoa sampai dengan triwulan III 2011 sebanyak 25.302 orang atau 126 persen dari yang target 20.113 orang.

"Kunjungan wisatawan mancanegara terjadi kenaikan signifikan karena meningkatnya arus penumpang wisata yang melalui Pelabuhan Tanjung Emas-Semarang, Benoa-Bali, dan Lembar-Lombok," ujar Kepala Hubungan Masyarakat Pelindo III, Edi Priyanto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Menurut Edi, Pelabuhan Benoa merupakan pintu masuk wisatawan asing menuju Bali. Turis asing banyak singgah dan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Bali, seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Tanjung Benoa, Pantai Drenland, Tanah Lot serta Bedugul.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui Pelabuhan Lembar sampai dengan triwulan III 2011 mencapai 16.036 orang atau terealisasi 417 persen dari yang dicanangkan yaitu 3.850 orang," ujarnya.

Pelabuhan Lembar sendiri sebagai pintu masuk ke Lombok, dengan sejumlah tujuan wisata seperti Pantai Senggigi, Gilitrawangan, Pantai Kuta Lombok, Tanjung A'an, Pura Batu Bolong, Narmada Park dan Air Terjun Sindang Gila.

"Dibandingkan dengan Bali, Lombok memiliki iklim yang lebih kering, jarang terlihat hujan dengan durasi lebih dari dua jam. Dengan demikian Lombok menjadi pilihan yang menarik untuk berwisata selama musim hujan di Indonesia, yaitu sekitar Oktober-Desember," tutur Edi.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011