Sekretaris Daerah  (Sekda) Bangli  Ida Bagus Gde Giri Putra melepas  jalan santai bernuansa merah putih dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Ke-74 RI Tahun 2019 di Kabupaten Bangli, Senin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra mengatakan jalan santai bernuansa merah putih bertujuan untuk menggugah semangat masyarakat, utamannya  ASN (aparatur sipil negara) dan pelajar di Kabupaten Bangli, untuk lebih memaknai dan menghargai semangat juang pahlawan.

”Dalam suasana hari kemerdekaan ini, masyarakat bisa mengisinya dengan hal-hal yang positif, utamanya kegiatan yang membuat kita semakin mencintai negeri ini,” tambah Sekda Giri.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Kapten Mudita Bangli, diikuti oleh ribuan peserta dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, siswa SMP,  SMA dan SMK di lingkungan Kota Bangli.

Acara ini juga dihadiri oleh Forkompinda Bangli dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli. Adapun rute jalan santai, start dari depan Kantor Bupati Bangli menuju Jln Kesumayuda, Jln. Merdeka, Jln. Lettu Lila dan finish di Lapangan Kapten Mudita Bangli.

Giri Putra menambahkan  sesuai dengan arahan pemerintah pusat, pasca pemilihan Presiden yang  cukup menguras energi bangsa ini, sudah saatnya kita kembali ke persatuan Indonesia, sehingga tidak perlu lagi ada pengkotak-kotakan, warna ini itu, karena yang ada hanya bendera merah putih, sebagai lambang negara yang harus kita usung bersama.

“Sesuai dengan edaran Menteri Sekretaris Negara RI, kegiatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Bangli akan dilaksanakan selama satu bulan penuh, baik melalui lomba-lomba maupun kegiatan lainnya,” katanya.

Untuk menambah semarak peringatan HUT RI di Kabupaten Bangli, Pemkab juga sudah mengeluarkan edaran, agar kantor pemerintahan, balai banjar, balai desa, toko, restoran maupun depan rumah masyarakat, agar sudah mulai memasang ornamen bertemakan merah putih, baik melalui pemasangan bendera, pelengkungan, maupun umbul-umbul per tanggal 31 Juli 2019.

“Untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-74  RI dan menindaklanjuti edaran Menteri Sekretaris Negara, kita sudah mengagendakan berbagai kegiatan lomba maupun kegiatan lainnya sebulan penuh. Mudah-mudahan dengan dukungan dari masyarakat, peringatan HUT RI di Bangli bisa berjalan sesuai dengan rencana,” katanya.

Lebih rinci, ia menjelaskan berbagai kegiatan HUT Ke-74 RI di Kabupaten Bangli, diantarannya persembahyangan bersama di Pura Kehen , lomba menghias gapura desa/gang , kegiatan bhakti sosial donor darah di Lapangan Kapten Mudita Bangli , gerak jalan ketepatan waktu tingkat SD .

Selain itu,  gerak jalan ketepatan waktu tingkat SMP, gerak jalan ketepatan waktu tingkat SMA dan SMAK, lomba penjor merah putih , napak tilas, kunjungan ke venteran yang sakit, karnaval sepeda hias anak, pawai obor, gerak jalan kreasi STT, workshop tari maskot dan tari kebesaran Kabupaten Bangli, gerak jalan kreasi PKK  dan resepsi HUT Ke-74 RI.
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019