Danone Indonesia melalui AQUA dan Mizone mengampanyekan #BijakBerplastik lewat penukaran 10 gelas atau  5 botol plastik PET dengan sebuah "voucher" yang dilakukan pengunjung dan peserta/pelari "Run To Care 2019" di galeri AQUA Life saat pelaksanaan Run To Care 2019 di Lapangan Lumintang, Denpasar pada Jumat (26/7) lalu.

"Voucher itu bisa ditukar dengan AQUA Life di counter Circle K terdekat, seperti sarung tangan, T-Shirt, dan produk fashion lainnya yang merupakan produk daur ulang dari sampah plastik," Ketua Yayasan Bali Wastu Lestari Ni Wayan Riawati dalam keterangan tertulis yang diterima di Denpasar, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan kegiatan ini menjadi pesan kepada pelari, pengunjung, ataupun masyarakat bahwa kemasan plastik tersebut memiliki nilai dan dengan pengelolaan yang baik akan bisa berguna menjadi produk lain.

"Dari sisi pengumpulannya, Bank Sampah berbasis masyarakat adalah salah satu yang efektif untuk mendorong proses pengolahan sampah. Kami senang bisa bermitra dengan Danone-AQUA untuk memfasilitasi proses pemilahan dan daur ulang dari sampah plastik lewat #BijakBerplastik, sehingga masyarakat akan paham bagaimana menyikapi penggunaan plastik," kata Riawati.

Dalam "Run To Care 2019" dengan atmosfer baru dalam olahraga itu, Danone Indonesia juga  menyertakan empat pelari dari karyawan yang ikut bersama 300 pelari lainnya, setiap kilometernya akan didonasikan untuk SOS Children’s Village Tabanan.

Baca juga: Danone, Circle K, Bali Wastu, dan DLH Bali kumpulkan limbah minuman (video)

Selepas pelepasan pelari Run To Care 2019, tim dari Yayasan Bali Wastu Lestari mampu mengumpulkan sedikitnya 400 botol dan gelas dari berbagai bentuk dan merek. Selain dikumpulkan di 25 tempat sampah khusus material plastik, botol-botol bekas pakai dari pengunjung itu juga ditata sebagai instalasi dekoratif, sebagai bagian dari meningkatkan bahwa ragam plastik bisa dikelola, diolah dan didaur ulang kembali.

Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen sosial dan lingkungan,  AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemangku kepentingan dan karyawan.

Baca juga: Danone-AQUA luncurkan botol plastik daur ulang

Pewarta: ANTARA News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019