Ribuan warga Kabupaten Klungkung, Bali bersama Bupati I Nyoman Suwirta beserta isteri, "berburu" sampah plastik sebagai bagian program Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik.

“Mungkin orang mengira saya melakukan ini demi pencitraan. Tapi kalau tidak kerja malah dikatakan tidak mau kerja, tapi biarlah mereka bicara apa, saya melakukan hal hal semacam ini sudah sejak dulu, makanya tidak canggung jika harus melakukan kegiatan bersih-bersih seperti ini," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, saat kegiatan yang dilaksanakan Minggu (14/7), yang siaran persnya diterima Senin.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 7.30 wita, dimana ribuan warga melakukan aksi di seputar Terminal Semarapura, Pasar Galiran hingga ke pemukiman penduduk di Jalan Kenyeri, Lingkungan Galiran hingga jalan Matahari, Desa Kemoning dan Kelurahan Semarapura Klod.

Ribuan warga merupakan gabungan segenap elemen masyarakat seperti TNI, Polri, ASN di lingkungan Pemkab Klungkung serta siswa setingkat SMA/SMK.

Untuk menjangkau sampai plastik, Suwirta yang didampingi Nyonya Ayu Suwirta, Sekda Gede Putu Winastra dan beberapa staf Humas dan Protokol harus masuk ke got untuk memungut sampah tersebut.

Selain memungut sampah plastik, Suwirta juga menegur beberapa pelaku usaha di Jalan Kecubung dan Jalan Kenyeri, karena kedapatan membuang sampah plastik dan pecahan gelas di area pertamanan serta tanah kosong.

Salah seorang pemilik warung di Jalan Kenyeri, I Nengah Natra menyampaikan permohonan maaf kepada Suwirta dan mengaku, para pembelilah yang membuang sampah plastik kemasan makanan di tanah kosong sebelah warungnya.

Ia berjanji akan lebih tegas melarang konsumennya membuang sampah plastik sembarangan, dan dirinya akan menyiapkan tempat sampah bagi konsumennya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Agung Kirana mengatakan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di seputar Terminal Semarapura, Pasar Galiran dan perumahan di sekitar Jalan Kenyeri, namun juga dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung.

Menurut dia, total sampah plastik yang berhasil dikumpulkan pada aksi kali ini sekitar 257 kilogram, yang berasal dari empat kecamatan yang ada di kabupaten Klungkung.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019