Denpasar (Antara Bali) - Ketua Dewan Harian 1945 Provinsi Bali yang juga seorang pakar Prof Dr Wayan Windia berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mampu mengembangkan sektor pariwisata secara merata di berbagai daerah di Tanah Air seperti yang sudah terwujud di Bali.

"Sementara pariwisata Bali jangan lagi dikembangkan karena daerah ini dinilai sudah jenuh dan rusak akibat beban pembangunan yang terlalu berat," kata Prof Windia yang juga guru besar Universitas Udayana di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, oleh sebab itu pengembangan pariwisata diarahkan ke daerah-daerah di luar Bali dengan harapan mampu memberikan dampak ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Bagaimana caranya Menteri Mari Elka Pangestu mampu mendorong dan menjadikan pariwisata berkembang di seluruh daerah di Indonesia," harap Prof Windia yang juga mantan anggota DPR-RI  1997-1999.

Ia mengingatkan, menteri dalam pengembangan pariwisata ke depan itu jangan lagi menyentuh Bali, karena fasilitas hotel dan sarana pendukung kepariwisataan yang ada sudah dinilai jenuh.

Menyangkut Kementerian Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam penyempurnaan kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menurut Prof Windia dinilai sangat tepat.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011