Dinas Pariwisata (Disparda) Kota Denpasar, Bali, terus melakukan berbagai upaya dalam kampanye pembangunan, salah satunya melakukan penyuluhan pariwisata secara merakyat di setiap daerah, lewat pementasan kesenian "Bondres Inovatif".

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Dizire Mulyani dalam keterangan yang diterima di Denpasar, Senin, mengatakan komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam mengembangkan sektor pariwisata yang berwawasan budaya terus digencarkan, kali ini penyuluhan dilakukan dengan media pementasan Sekaa Bondres Inovatif (STI).

Menurut Dizire, Denpasar merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki keunggulan komperatif karena letaknya yang berada di tengah-tengah Pulau Bali. Selain itu Kota Denpasar merupakan kota pariwisata budaya kreatif yang berlandaskan "Tri Hita Karana" yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan alam dan hubungan manusia dengan manusia.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan penyuluhannya menggunakan media kesenian budaya agar mudah dimengerti oleh masyarakat. Tahun ini Diparda memilih Desa Sumerta karena adat dan budayanya sangat kental, maka dari itu mengangkat adat dan budaya lokal untuk mengembangkan pariwisata di sini, dan tidak lama lagi akan ada tempat wisata baru di daerah ini.

Ia mengatakan, pembangunan pariwisata memerlukan dukungan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Masyarakat merupakan unsur penting untuk bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan usaha serta dalam membangun kepariwisataan.

Hal itu karena pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan pariwisata.

"Kami berharap dengan adanya penyuluhan ini bisa meningkatkan kesadaran tentang bagaimana menciptakan Sapta Pesona yaitu menciptakan kondisi destinasi yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan menciptakan kenangan yang positif bagi wisatawan yang berkunjung," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini Kota Denpasar sudah menggembangkan kota kreatif, diharapkan anak-anak muda di Kota Denpasar bisa mengembangkan kreatifitas baru untuk menambah destinasi pariwisata di Kota Denpasar," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019