Puluhan anggota TNI bersama dengan 100 orang anak baru gede (ABG) yang sedang dilatih oleh Bank Indonesia (BI) Bali untuk menjadi pemimpin tampak berjubel di hiker’s camp Toya Devasya, wisata air panas di Kintamani, yang selama ini tak pernah sepi dari kunjungan turis itu.

“Keramaian tersebut merupakan bagian dari GenBi Leadership Camp 2019. GenBI atau Generasi Baru Indonesia merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia,” kata Kepala BI Perwakilan Bali, Causa Iman Karana, dalam siaran pers yang diterima di Bangli, Senin.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn. Andy Pranoto itu dihadiri Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia Provinsi Bali Leo Ediwijaya, Pembina GenBI Komisariat Universitas Udayana Gusmaniarti serta Pembina GenBI Komisariat Universitas Pendidikan Ganesha Gede Sada Wijaya

“Mereka dikumpulkan di satu tempat untuk mengikut Leadership Camp, program tahunan Bank Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pengalaman, wawasan serta peningkatan kapasitas dan potensi kepemimpinan kepada mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia,” kata Causa Iman Karana.

Selain memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, para peserta diharapkan juga memiliki karakter dan budi pekerti yang baik. Kegiatan juga diharapkan dapat memberikan motivasi dan insipirasi bagi penerima beasiswa BI melalui saling tukar pengalaman yang mengundang berbagai tokoh masyarakat.

Beasiswa Bank Indonesia merupakan satu bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi dari Perguruan Tinggi yang menjadi mitra Bank Indonesia. GenBI Leadership Camp 2019 yang mengangkat tema "Energi Muda Katalisator Perubahan" itu diselenggarakan pada 3-5 Mei 2019.

"Melalui beasiswa ini, diharapkan salah satu program Bank Indonesia dalam bidang pendidikan yakni Indonesia Cerdas dapat terwujud. Di Provinsi Bali sendiri, beasiswa diberikan kepada 100 orang mahasiswa dari Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha yang masing-masing mahasiswa menerima bantuan sebesar Rp1 juta bulan," jelas Causa Iman Karana.

Bertempat di Toya Devasya, kawasan wisata air panas, Leadership Camp 2019 dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Kodim 1626/Bangli. Selama tiga hari, peserta digembleng fisik dan mentalnya oleh anggota TNI.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019