Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengadakan Pemilihan Jegeg-Bagus Badung 2019 untuk memilih duta-duta pariwisata yang akan mempromosikan daerah tersebut.

"Mengingat Badung merupakan destinasi pariwisata nasional, bahkan dunia, tentunya sangat membutuhkan duta-duta pariwisata yang elegan, ramah, menarik dan cerdas serta memahami berbagai kearifan lokal yang kami miliki," ujar Wabup Badung, I Ketut Suiasa, saat malam final Pemilihan Jegeg Bagus Badung 2019, di Seminyak, Badung, akhir pekan lalu.

Saat malam final pada Sabtu (27/4) lalu itu, ia mengatakan pemilihan Jegeg Bagus juga merupakan wadah dan ruang bagi pemuda untuk mengapresiasikan bakat inteligensia dan kemampuan serta kecintaannya kepada daerah, kearifan lokal, adat seni dan budaya serta lingkungannya untuk membangun Badung dan Bali.

Kegiatan ini sejalan dengan upaya pemkab setempat dalam membangun manusia yang sehat jasmani dan rohani, berakhlak serta berbudi pekerti yang luhur karena Jegeg Bagus juga dituntut memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, termasuk kecerdasan spiritual.

Wabup Suiasa berharap, melalui ajang seperti ini akan lahir duta-duta pariwisata yang memberi pengaruh positif dan dapat menularkannya kepada kaum milenial untuk menjadi sumber daya manusia yang handal, berkualitas, kompetitif dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dan berbudaya untuk membangun Badung yang kuat dan sejahtera.

"Kami juga berharap Dinas Pariwisata dan dinas terkait untuk dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan dan dapat melibatkan para Jegeg Bagus ini pada berbagai kegiatan promosi baik skala lokal, regional maupun internasional" kata Suiasa. 

Dari proses seleksi awal yang diikuti puluhan peserta, yang terpilih menjadi Jegeg Bagus) Kabupaten Badung 2019 adalah Jegeg Badung 2019 Ni Putu Ira Suastini dan Bagus Badung 2019 I Made Adi Sanjaya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Badung selaku ketua panitia, I Made Badra mengatakan, pemilihan Jegeg Bagus) Badung 2019 diikuti merupakan putra putri Badung terbaik yang mewakili masing-masing kecamatan se-Badung dan terdiri dari siswa SMA/SMK dan mahasiswa di Badung, serta utusan dari kelompok pemuda se-Badung.

"Seleksi dilaksanakan dengan materi, Indah (Beauty), Cerdas (Smart), Hospitable (ramah) dan Charming (menarik) dan metode seleksi melalui tes tulis, wawancara dan keterampilan khusus," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019