Kapolda Bali Irjen Pol. Dr Petrus R. Golose mendapatkan penganugerahan gelar doktor jehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Udayana, dimana penganugerahan ini merupakan kali ketiga yang diberikan Universitas Udayana kepada seseorang yang dinilai telah berjasa atau berkarya luar biasa.

Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Dr. Anak Agung Raka Sudewi di Gedung Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana, Nusa Dua, Sabtu, menyatakan gelar kehormatan yang diberikan Universitas Udayana ini merupakan, gelar kehormatan kepada seseorang yang dinilai telah berjasa berkarya luar biasa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya dan berjasa dalam bidang kemanusiaan atau kemasyarakatan.

"Dari hasil penilaian tersebut faktor kepemimpinan transformasional Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose berhasil mendapat penilaian tertinggi," kata Rektor Universitas Udayana.

Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose diberikan penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa), karena kita ketahui bersama bahwa beliau sebagai Kapolda Bali telah mampu memberikan perubahan besar terhadap paradigma masyarakat kepada Kepolisian khususnya di Provinsi Bali.

Berbagai terobosan telah dilakukan salah satunya adalah yang langsung melibatkan Universitas Udayana untuk melaksanakan penelitian bersama Universitas Indonesia terhadap penilaian masyarakat kepada Kepolisian, kepemimpinan transformasional, pengelolaan sumber daya manusia dan perencanaan strategis.

Penilaian terhadap kepemimpinan di Polda Bali saat ini sangat sesuai dengan realita, sangat menonjolkan aspek intellectual simulation dan dapat dimaknai bahwa kecerdasan maupun rasionalitas membuat serta mengambil keputusan dalam mengatasi masalah yang ada.

"Kapolda telah berhasil membawa perubahan yang signifikan dalam kinerja Polda Bali dan mampu memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat termasuk wisatawan yang berkunjung ke Bali," katanya.

Disamping bertugas di Kepolisian beliau juga merupakan dosen tetap atau luar biasa pada Pascasarjana Universitas Indonesia, Universitas Pertahanan, STIK, Sespimmen dan Sespimti serta Lemhanas RI.

Bersamaan dengan itu, Irjen. Pol. Petrus Reinhard Golose secara konsisten dan produktif telah mengembangkan berbagai disiplin ilmu hukum yang sangat penting bagi tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara kita dewasa ini, antara lain dalam bidang hukum kejahatan terorganisir (the law of organized crime), hukum tindak kejahatan ekonomi dan korporasi (the law of economic and corporate crime), hukum kejahatan internet (the law of cybercrime) dan hukum kejahatan terorisme (the law of terrorism), baik nasional maupun internasional.

Sehingga Ijen. Pol. Petrus Reinhard Golose dikenal sebagai figur rujukan dalam bidang disiplin dan praktek hukum tersebut. Setelah memenuhi persyararatan yang ditentukan dan mendapatkan pertimbangan senat Universitas Udayana, maka dengan bangga menganugerahkan Gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dalam Bidang Ilmu Hukum kepada Irjen. Pol. Petrus Reinhard Golose.

Atas dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dalam bidang Ilmu Hukum dan penegakan hukum yang tentunya berdampak sangat luas terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Saya mewakili seluruh civitas akademika Universitas Udayana mengucapkan selamat kepada Bapak Irjen. Pol. Petrus Reinhard Golose atas gelar Doktor Kehormatan," ujar A.A. Raka Sudewi.

Sementara itu, Ketua Senat Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta dalam pelaksanaan penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) kepada Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menyampaikan harapannya untuk selalu mengingat, menjaga kehormatan dan bersama-sama memajukan Universitas Udayana.

"Saya ucapan selamatnya kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, atas Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan yang sudah dianggap memenuhi persyaratan oleh Universitas Udayana," ujarnya.

Ia menambahkan, pemberian doktor kehormatan ini merupakan salah satu kepedulian Universitas Udayana kepada anak bangsa yang telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dan menunjukkan kontribusi yang luar biasa dalam bidang ilmu tertentu.

Penganugerahan kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose sudah melalui proses dan rangkaian berbagai tahapan seperti melakukan sidang komisi senat, terakhir dibahas di sidang paripurna senat pada 12 April 2019 dan semua proses itu berjalan lancar.

"Dinyatakan bahwa Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose memenuhi peryaratan mendapatkan Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan," kata Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta.

Kapolda Bali secara nyata telah berkontribusi tidak hanya kepada Universitas Udayana tetapi yang lebih penting juga sudah memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan kedamaian, ketertiban dan ketentraman di Bali.

Kedamaian, ketertiban dan ketentraman adalah syarat mutlak untuk terciptanya suatu kecerdasan dan kesejahtraan. jika tidak damai tidak mungkin kita bisa mencita-citakan sebuah bangsa yang sejahtera dan masyarakat yang berbahagia.

Ditambahkannya juga bahwa sudah tentu ilmuwan yang mempunyai gelar Doktor memang diharapkan mempunyai kontribusi yang nyata, tidak saja untuk di lapangan tetapi juga kontribusi nyata terhadap bidang keilmuannya.

"Oleh karena itu, kami menganggap bahwa pengalaman-pengalaman yang ditulis di beberapa buku sesungguhnya memberikan hasanah dan wawasan baru bagi perkembangan ilmu hukum, inilah sebagai persyaratan Doktor kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose ," katanya.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019