Batalyon Infanteri Mekanis 741/Garuda Nusantara yang bermarkas di Kabupaten Jembrana, Bali melakukan kegiatan donor darah bersama masyarakat pesisir.

"Kami juga membawa kendaraan tempur panser Anoa, agar masyarakat tahu alat utama sistem pertahanan yang kami miliki," kata Kapten Infanteri Arman Adi Wibowo, salah seorang perwira Batalyon Infanteri Mekanis 741/Garuda Nusantara saat kegiatan donor darah di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan ini selain untuk mendekatkan masyarakat dengan TNI, juga dalam rangka memperingati hari jadi yang ke empat batalyon tersebut.

Dengan kegiatan ini, ia berharap, bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah lewat PMI, karena donor darah yang terkumpul diserahkan kepada lembaga tersebut.

Di sela-sela kegiatan ini, Letnan Dua Infanteri I Kadek Sudiadnyana, perwira batalyon lainnya mengimbau, masyarakat untuk tidak takut minta bantuan kepada TNI, termasuk jika memerlukan donor darah.

"Selama bisa kami bantu, kami pasti memberikan bantuan kepada masyarakat. Jangan takut untuk minta bantuan kepada kami," katanya.

Selain TNI, banyak masyarakat umum maupun anggota Polri yang ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini, serta mendapatkan penyuluhan manfaat donor darah antara lain akan memicu tumbuhnya sel darah baru yang baik untuk kesehatan.

Bagi pendonor, pihak batalyon menyediakan makana ringan, minuman serta suplemen penambah darah, agar pendonor segera pulih usai darahnya diambil.

Usai kegiatan, Letnan Dua Cpl I Nengah Karmajaya mengajak anggota batalyon membersihkan halaman Kantor Desa Pengambengan tempat donor darah berlangsung, agar kembali segera bisa digunakan apabila ada kegiatan lainnya.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019