Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Bali bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Bali mengadakan uji kompetensi wartawan (UKW) khusus anggota muda yang berlangsung di Denpasar, selama empat hari, 21-24 Maret 2019.

"Tujuan UKW ini untuk peningkatan kapasitas wartawan khusus anggota muda yang dilaksanakan PWI Bali bersama Diskominfo Bali selama empat hari," ujar Ketua Panitia UKW dari PWI Cabang Bali, Imanuel Dewata Oja, di Denpasar, Kamis.

Pada pertama, peserta UKW menerima pembekalan tentang pengenalan jurnalistik dan pentingnya memahami kode etik jurnalistik. Tidak hanya menerima materi, peserta UKW anggota muda juga diajak berbagi informasi tentang contoh-contoh berita yang memiliki nilai berita.

Pemateri yang memberikan pembekalan untuk para peserta UKW diantaranya Budi Raharjo yang memaparkan tentang kode etik jurnalistik, Agus Heriana, Ni Yoman Astini yang juga menyampaikan materi secara lugas kepada peserta UKW.

Peserta UKW juga diajak diskusi atau tanya jawab tentang bagaimana kondisi nyata saat melaksanakan tugas-tugas jurnalistik yang penuh tantangan.

Ketua PWI Cabang Bali, IGMB Dwikora Putra, menjelaskan peserta gang mengikuti UKW saat ini sebanyak 18 orang dan diharapkan para peserta bisa mengikuti setiap tahapannya dengan baik, karena memang terbatas.

"Saya berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan penuh dan seluruh peserta bisa lulus dalam ujian UKW nantinya. Tujuan UKW ini agar meningkatkan kapasitas wartawan Bali agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Baca juga: Polda Bali: media massa dukung pilkada aman
Baca juga: Polda Bali: Pulau Dewata tidak rawan hoaks

HPN di Klungkung
Sebelumnya (18/3), Ketua PWI Cabang Bali, IGMB Dwikora Putra, telah beraudiensi dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Klungkung Ketut Suadnyana untuk membahas rencana perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Klungkung pada 29 Maret.

Bupati Klungkung  I Nyoman Suwirta menyambut baik dan menyampaikan terima kasih karena memercayakan Kabupaten Klungkung menjadi tuan rumah penyelenggaraan Puncak Hari Pers Nasional tahun 2019 se-Provinsi Bali.

"Dengan diadakannya puncak perayaan Hari Pers Nasional di Kabupaten Klungkung diharapkan dapat memberikan nuansa positif bagi Kabupaten Klungkung pada khususnya dan Provinsi Bali pada umumnya," katanya.

Bupati Suwirta juga mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerja sama yang baik antara wartawan dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung. "Semoga, perayaan Hari Pers Nasional di Kabupaten Klungkung dapat berjalan dengan baik," katanya. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019