Kedutaan Besar Prancis kembali menggelar festival Good France. Kegiatan tersebut siap dihelat serentak mulai 21 Maret mendatang di Jakarta, Bandung, Yogyakarta,  Surabaya, Bali dan Manado.

Perayaan Good France 2019 sekaligus merupakan momentum mengapresiasi gastronomi Prancis yang tercatat sebagai warisan budaya dunia UNESCO, sekaligus mengapresiasi bilai-nilai yang terkandung didalamnya yaitu semangat berbagi dan kebersamaaan serta kepdulian pada lingkungan hidup, ungkap Dubes Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet, di Bali, Kamis (14/3).

Diluncurkan  sejak 2015, Good France juga bertujuan untuk menjalin keterhubungan antara para chef di seluruh dunia pada tahun 2018 lalu, ada sekitar 40 restoran yang ikut berpartisipasi dalam acara ini di Indonesia dan di skala dunia  sebanyak 3.500 restoran , kata Jean.

Tahun perayaan kelima kali ini, khusus di Bali , ada sekitar 7 restoran yang akan memeriahkan Good France 2019 diantaranya, Riverside at Four Seasons Sayan, Cucina at Sofitel Nusa Dua Bali, Maison Aurelia, Capris at The Royal Beach Seminyak, Mozaic Restaurant, Teatro Gasroteque and Moringa Eat and Greet, ungkapnya.

Semua restoran akan menawarkan menu spesial Prancis kepada para tamu selama lima hari, namun jangan khawatir karena kuliner Prancis ini juga bisa dinikmati oleh lidah orang Asia termasuk Indonesia, ujarnya. 

Mozaic Restauran dengan  chef andalannya, Chris Salans, mengatakan bahwa tahun ii adalah tahun keempat kami berpartisipasi dalam Good France dan saya rasa kuliner Prancis hadir begitu kuat di Bali.

Kami ingin menyajikan menu Prancis terbaik tahun ini, yaitu bahan black diamond dalam menu Perigord black truffle pada 5 set menu yang disajikan bersama anggur Prancis Premier Cru dan Grand Cru, “Saya sendiri yang akan berangkat ke Prancis untuk membeli dan membawa black truffles segar dari Prancis ke Bali untuk menu dinner di Mozaic pada 21 Maret mendatang”, ujar Chris Salans. 

Cucina at Sofitel Nusa Dua Bali, berpartisipasi dalam Good France sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015, akan menghadirkan sebuah menu yang terinspirasi dari menu otentik khas Prancis yang unik dan akan disajikan di Sofitel (sebuah hotel berbasis Prancis), maka tidak ada yang lebih Prancis daripada ini”, kata Chef Gilbert Daine.

Teatro Gasroteque menjadi salah satu partisipan Good France 2019 untuk ketiga kalinya , bedanya Teatro Gastroteque juga mengandeng sister restaurant mereka yakni Moringa Eat and Greet bersama Chef Mandif Warokka dan timnya untuk merayakan Good France. Riverside at Four Seasons Sayan tahun ini akan memeriahkan Good France kembali bersama Chef Jean Philippe Guiard.

Sedangkan Maison Aurelia merupakan tahun pertama ikut berpartisipasi dalam Good France, Restauran  dengan andalan Chef Putu Luh Rita Usiani, ”Menu andalannya yaitu campuran gaya Prancis Mediterania. Semua menu dibuat menggunakan buah-buahan dan sayuran organik berkualitas tinggi dari Bali, ujarnya.

Restauran terakhir dalam menyelenggarakan Good France tahun ini adalah Capris at The Royal Beach Seminyak, tahun ini adalah tahun kedua ikut berpartisipasi dalam perayaan kuliner Prancis ini, kata Chef I Gede Sujana. 

Pewarta: Antaranews Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019