Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati optimistis pelaksanaan "Bali Spirit Festival" yang diselenggarakan pada 24-31 Maret 2019 akan memberi dampak positif bagi perekonomian daerah setempat.

"Festival yang melibatkan unsur masyarakat internasional maupun domestik ini, tentu akan mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian Bali, khususnya bagi masyarakat lokal setempat," katanya saat menerima audiensi dari panitia Bali Spirit Festival 2019, di Denpasar, Jumat.

Oleh karena itu, Wagub yang akrab dipanggil Cok Ace itu berharap panitia penyelenggara juga harus mampu merangkul masyarakat agar ikut berkontribusi dalam acara tersebut sehingga dampak positif dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. 

Dalam kesempatan itu, Cok Ace juga sangat mengapresiasi semangat dari para panitia yang tetap eksis dan konsisten dalam menyelenggarakan kegiatan tahunan tersebut.

Sementara itu, pendiri Bali Spirit Festival dan Penghubung Budaya I Made Gunarta mengatakan kali ini merupakan tahun ke-12 festival tersebut diselenggarakan.

Awalnya, penyelenggaraan pada 2007 bertujuan untuk membuat sebuah desa komunitas global yang mengayomi keberagaman kreativitas dan spiritual melalui yoga, musik dan tari.

Gunarta mengemukan festival tersebut setiap tahunnya berhasil menarik perhatian kurang lebih 8.000 pengunjung yang datang dari 60 negara untuk mengikuti kegiatan selama delapan hari. Sejumlah media juga memberikan dukungan kemitraan, diantaranya Perum LKBN ANTARA Biro Bali.

Selain itu, 78 persen dari pengunjung festival setelah selesai acara tetap tinggal di Pulau Bali untuk berlibur. Untuk itu, festival tersebut tidak hanya menyajikan yoga, musik, maupun tari, namun juga menyajikan lebih dari 300 lokakarya, seminar, "master class", hari cinta keluarga, pasar malam dan sebagainya.

Didampingi Ketua Panitia Pelaksana I Made Andika, ia berharap Bali Spirit Festival ini dapat didukung oleh Pemerintah Provinsi Bali dan kabupaten/kota serta komponen masyarakat Bali, sehingga acara yang berlangsung tiap tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya memberikan dampak positif bagi perekonomian Bali. (ed)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019