Negara (Antara Bali) - Tim Provinsi Bali melakukan penilaian terhadap SMK Negeri 1 Negara yang menjadi wakil Kabupaten Jembrana dalam lomba Wawasan Wiyata Mandala, Senin.

Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan, Bupati Jembrana, I Putu Artha mengatakan, SMKN tersebut kini berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI).

Selain itu, dalam sambutan tersebut juga disampaikan program-program Pemkab Jembrana di bidang pendidikan.

Program itu antara lain pembebasan biaya pendidikan mulai dari SD sampai SMA, pemberian beasiswa untuk murid sekolah swasta, bantuan sarana dan prasarana sekolah serta insentif untuk guru.

Sedangkan Kepala SMKN 1 Negara, I Putu Wardana mengatakan, sekolah yang dipimpinnya menjadi wakil Jembrana setelah juara pada lomba serupa di tingkat kabupaten.

"Beberapa prestasi pernah kami raih baik di tingkat provinsi maupun kabupaten," katanya.

Menurut Wardana, sekolah yang berdiri pada tahun 1970 tersebut memiliki tiga pendidikan kompetensi yaitu akuntasi, rekayasa perangkat lunak dan pemasaran.

Wardana mengatakan, sekolah ini memiliki 786 murid dan sangat siap untuk bersaing dengan kabupaten lain dalam lomba ini.

Sementara Ketua Tim Penilai, Made Suarti mengatakan, lomba ini dilakukan untuk mendorong dan memotivasi peningkatan mutu pelayanan dan kinerja sekolah.

"Hal tersebut bisa dicapai jika seluruh elemen pendidikan di sekolah bekerja keras dan mendapatkan dukungan dari masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam lomba ini ada lima elemen pokok yang harus dipenuhi sekolah yaitu sekolah sebagai lingkungan pendidikan, wewenang dan tanggungjawab kepala sekolah, hubungan guru dan orang tua murid, sifat warga sekolah dan citra guru.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011