Klungkung (Antaranews Bali)  - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memprioritaskan perbaikan sumberdaya manusia (SDM), karena hal itu menentukan meningkatnya kesejahteraan ekonomi.

Prioritas perbaikan sumberdaya manusia dalam pembangunan Kabupaten Klungkung, Bali ini ia sampaikan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Klungkung, Senin.

“Perbaikan SDM harus menjadi prioritas, karena peningkatan kesejahteraan ekonomi sesungguhnya lebih ditentukan oleh SDM yang berpengetahuan, berkompeten dan berketerampilan. Maka dari itu tema dan prioritas pembangunan daerah      tahun 2020 adalah, terwujudnya SDM berkualitas dan berdaya saing yang didukung pelayanan dasar dan infrastruktur," katanya.

Kepada para seluruh perbekel atau kepala desa  di Kecamatan Klungkung, ia juga mengingatkan untuk secepatnya mengumpulkan data warga yang akan diberikan bantuan bedah rumah atau rehab rumah. 

Menurutnya, dengan pendataan yang cepat dan valid, pada tahun 2020 semua permasalahan ini bisa tuntas, sehingga pemerintah bisa fokus pada pengembangan SDM. 

Camat Klungkung Komang Wisnuadi dalam laporannya mengatakan, pada Musrenbang kali ini tercatat sebanyak 156 usulan dari 18 desa/kelurahan dengan jumlah dana lebih kurang Rp. 42.297.506.000. 

Usulan tersebut, katanya, tebagi dalam tiga bidang diantaranya, bidang Infrastruktur dengan 108 usulan senilai Rp. 36.758.443.000, bidang sosial budaya dengan 38 usulan senilai Rp. 4.157.943.000, serta bidang perekonomian dengan 10 usulan senilai Rp. 1.381.120.000.

Dari 156 usulan program kegiatan dari desa dan kelurahan itu, menurutnya, yang sudah masuk ke dalam aplikasi Sirenbangda Kabupaten Klungkung, terdapat 3 usulan yang sudah ditindak lanjuti oleh OPD terkait, dengan total dana Rp136.000.000. 

Ketiga usulan tersebut diantaranya pemberian asupan gizi di kelurahan Semarapura Kaja, rehab gedung Puskesmas Pembantu Desa Akah serta penataan halaman Puskesmas Pembantu Desa Selisihan.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019