Denpasar (Antaranews Bali) - Kurang lebih 60.000 masyarakat dan anak muda di Pulau Bali menghadiri acara Milenial Road Safety Festival yang berlangsung di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Minggu sore.

"Kegiatan milenial road safety festival ini atas inisiasi presiden Joko Widodo, dimana kaum milenial harus mendapat informasi pentingnya keselamatan berlalulintas sejak dini guna menjamin keselamatan mereka saat di jalan raya," kata Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose di Denpasar.

Dari total para milenial yang hadir pada acara ini, menurut Kapolda Bali, kemungkinan yang terbanyak dari acara serupa yang berlangsung diseliruh Indonesia.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, dalam tiga tahun terakhir tercatat angka kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa kaum muda atau milenial di Bali mencapai 1.561 orang, dari total kasus ini sebanyak 603 orang meningal dunia.

"Ini lebih banyak dari pada perang di Suriah. Untuk itu, bapak presiden sangat menghargai acara ini untuk melindungi generasi milenial dan menjaga calon pengganti bangsa terhindar dari musibah ini," ujar Golose.

Hal ini penting dilakukan untuk melindungi generasi milenial yang akan menjadi calon pemimpin bangsa, yang akan menggantikan para pendahulunya.

"Kalian anak muda inilah yang akan menggantikan kami kaum kolonial bukan milenial," katanya.

Data kasus kecelakaan di Pulau Bali, 55,6 persen terjadi menimpa kaum muda yang dicatat badan pusat statustik.

Melihat fenomena ini, apa yang menjadi gagasan Presiden Joko Widodo dilanjutkan bapak Kapolri, maka kegiatan Milenial Road Safety Festival ini bisa berlangsung di Pulau Dewata.

Golose mengucapkan terimakazi kepada anak milenial yang datang ke acara ini mau tertib berlalulintas dan diharapakan terus dilakukan setiap harinya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para milenial dan Saya tau apa yang kalian inginkan dan nanti malam ada banyak hiburan hingga Pukul 21.00 WITA," katanya.

Ia mengajak generasi milenial untuk bersama-sama mengguncang Indonesia dari bali dan guncang dunia dari Bali pula.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster mendukung penuh kegiatan ini karena keselamatan generasi muda atau milenial menjadi sangat penting dalam menjaga roda kehidupan ke depannya.

"Saya menyambut baik kegiatan Kapolda Bali ini, semoga kegiatan ini diikuti masyarakat khususnya milenial," ujar Koster dalam sambutannya.

Koster mengajak generasi milenial agar meneladani apa yang menjadi hal-hal positif yang dilakuan Kapolda Bali.

Karena semua hal yang dilakukan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, terutama saat berada di jalan raya. (ed)

Video oleh Pande Yudha

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019