Denpasar (Antaranews Bali) - Menkominfo Rudiantara mengatakan Bali akan mengembangkan pariwisata berbasis teknologi dengan adanya komitmen Tsinghua Sea dan Alibaba Cloud yang siap memajukan internet di Indonesia.

"Bagi Pulau Dewata, komitmen itu sangat menguntungkan, karena Bali sebagai daerah pariwisata yang sudah diakui dunia akan semakin berkembang karena kemajuan tekonologi yang mengikutinya," katanya di Denpasar, Bali, Sabtu.

Sebagai bentuk komitmen untuk menyebarkan ide dan membantu perkembangan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di segala sektor guna mendukung program pembangunan pemerintah Indonesia, Tsinghua Sea dan Alibaba Cloud bertekad memajukan teknologi internet di Indonesia.

Komitmen keduanya disaksikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara,  pihak swasta dan perusahaan "star up" dalam kolaborasi bertemakan "Revolution 4.0 Shape Your Future with Articial Intelligence and Big Data".

Sementara itu, Menteri Desa,  Eko Putro Sandjojo, mengaku pemanfaatan terknologi tentang pembangunan desa  sudah dilakukan dengan menggunakan siskudes dengan penyerapan dana desa secara "real time" bisa diunggah ke pusat secara transparan.

Selain itu, pengembangan desa wisata juga telah dilakukan dengan promosi melalui internet dan lewat medsos dengan dampak perkembangan yang sangat dirasakan secara luas, terutama generasi milenial.

Untuk mencegah berita hoaks menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Kementerian  Komunikasi dan Informasi telah melakukan kerja sama dengan Mabes Polri untuk memberantas situs hoaks dengan cara menutup akun dan memblokir akun abal-abal.

"Pencegahan merebaknya kembali isu hoaks tersebut, kami bersama Mabes Pori telah melakukan penutupan akun di dunia maya dan memblokir akun yang dianggap tidak jelas. Saya tidak ingat berapa jumlah akun-akun yang telah ditutup atau diblok, tapi kami punya datanya," kata Menkominfo. (ed)

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019