Denpasar (Antaranews Bali) - Puluhan pasukan jajar kehormatan (jarmat) berpakaian adat Pulau Dewata yang dikerahkan Polda Bali menyambut kedatangan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Rabu.

"Ya, jarmat bernuansa kearifan lokal Bali berjejer menyambut kedatangan bapak Kapolri saat turun dari pesawat Pukul 17.30 WITA," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja di Denpasar.

Ia mengatakan, penyambutan Kapolri Tito Karnavian dengan pasukan jarmat ini digagas Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose untuk memperkenalkan khasanah budaya Bali ke dunia luar.

"Penyambutan Kapolri kali ini terlihat tidak seperti biasanya, bapak Kapolda Bali telah menyiapkan pasukan Jarmat dengan nuansa kearifan lokal," kata Henky lagi.

Tidak hanya menggunakan senjata laras panjang, pasukan yang terdiri dari Polwan dan Polisi ini juga menggunakan kain corak khas Bali dibagian kepala dan pinggang.

"Usai menerima penghormatan, Kapolri terlihat tersenyum dan senang dengan penyambutan ini," katanya.

Selanjutnya Kapolri menyalami satu per satu pejabat utama Polda Bali dan Kodam IX/Udayana, termasuk Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri.

Kemudian, rombongan Kapolri langsung diarahkan menuju Base Ops Lanud Ngurah Rai.

"Kedatangan Kapolri ke Bali dalam rangka kunjungan kerja," katanya.

Kapolri akan menghadiri Rakor Samsat Tingkat Nasional TA 2018 dan Penandatanganan Nota Kesepahaman serta PKS Samsat Online Nasional Tahun 2018 di Hotel Discovery Kartika Plaza, Kuta, Badung, Kamis (15/11).

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018