Badung (Antara) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengadakan Lomba Burung Berkicau "Bupati Badung Cup III 2018" untuk melestarikan alam serta lingkungan.

"Melestarikan karena para pehobi burung berkicau dan pelestari lingkungan ini, mereka mencintai dan melestarikan burung di alam. Mereka melakukan mengembangbiakan burung yang kemudian sebagian disalurkan untuk hobinya dan yang lain dikembalikan ke alam," ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, saat pembukaan kegiatan itu di Pusat Pemerintahan Badung, Mangupura, Minggu.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi kegiatan yang juga diselenggarakan dalam rangka Peringatan HUT ke-9 Mangupura itu, karena apabila tidak ada para penggemar burung berkicau, tentu dapat terjadi kepunahan terhadap burung.

"Jadi disini ada dua kepentingan yaitu, kepentingan alam dan saluran hati kepada masyarakat, masyarakat sudah tersalurkan hobinya, bahkan disini akan terbangun solidaritas sosial, silaturahmi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia "Bupati Badung Cup", Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Badung, Putu Oka Swadiana mengatakan, lomba dan pameran burung Bupati Badung Cup III Tahun 2018 itu  merupakan lomba bertaraf nasional yang diikuti oleh sejumlah peserta dari berbagai daerah.

"Para peserta lomba burung berkicau ini diantaranya ada yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jogjakarta, DKI Jakarta, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, Aceh dan pehobi burug berkicau asal Bali sebagai tuan rumah," katanya.

Ia menjelaskan, tujuan dari lomba dan pameran burung berkicau itu adalah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam, khususnya burung berkicau dan sebagai wadah bagi penggemar burung berkicau untuk mengembangkan potensinya.

"Untuk burung yang kami lombakan diantaranya ada jenis Punglor Merah, Muray Batu, Cucak Hijau, Love Bird, Kenari Lokal, Kacer dan Branjangan," ujar Putu Oka Swadiana. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018