Kuta, Bali (Antaranews Bali) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb. Wibowo Cahyono Soekadi mengingatkan prajurit dijajaran Polisi Militer Angkatan Udara, lebih mengutamakan upaya pencegahan (preventif) dalam melaksanakan segala tugas negara.

"Dengan mengedepankan tindakan preventif dalam melaksanakan tugas diharapkan jajaran POM-AU dapat memberikan makna dan nilai manfaat untuk organisasi TNI Angkatan Udara," ujar Wibowo Cahyono saat membacakan sambutan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam apel peringatan HUT ke-72 POM-AU di Lapangan Mako Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kamis.

Dalam sambutanya, ia menekankan prajurit POM-AU agar meningkatkan kepekaan, kecermatan dan kecerdasan dalam memahami berbagai perubahan situasi untuk menekan angka pelanggaran disiplin maupun dalam rangka penegakan hukum di lingkungan kehidupan prajurit TNI AU.

Hal ini penting dilakukan, karena sudah menjadi parameter dalam keberhasilan tugas POM-AU.

Ia menuturkan, para pendahulu TNI Angkatan Udara sudah menyadari bahwa kehadiran tugas POM-AU mutlak diperlukan untuk menjamin adanya keamanan, ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit terhadap ketentuan serta aturan hukum yang berlaku.

"Pemikiran strategis dari para pendahulu Angkatan Udara tersebut, hendaknya dapat menjadi inspirasi dan dorongan semangat bagi prajurit POM-AU saat ini dan masa yang akan datang," kata Wibowo didampingi Dansatpom Mayor Pom Agus Budi dalam apel itu.

Pihanya menyampaikan pesan Kasau bahwa, prajurit POM-AU harus menjadi contoh dan cermin dalam penampilan, sikap dan perilaku baik dalam kedinasan maupun bermasyarakat dengan menaati peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Dalam upacara peringatan HUT ke-72 POM-AU itu dikuti seluruh personel Lanud I Gusti Ngurah Rai, dimana Danlanud juga meberikan penghargaan kepada Peltu Alit Tjandra Asmoro dan Pratu Suhendri Bamastaji karena menjadi prajurit terlengkap atau terdisiplin dari identitas, kelengkapan kendaraan dan kerapian.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018