Denpasar (Antara Bali) - Pihak penyelenggara Balinale International Film Festival mengatakan, sebelum acara dimulai akan diselenggarakan workshop pembuatan film pendek bagi mahasiswa dan generasi muda di Indonesia.

"Workshop itu adalah bagian dari komitmen memberikan kontribusi perkembangan industri film di Tanah Air," kata Sundari dari penyelenggara Balinale International Film Festival di Denpasar, Sabtu.

Dia mengatakan, workshop tersebut akan digelar 16 Agustus 2011, dan rencanannya diperuntukkan bagi mahasiswa dan calon cineas. Acara itu diberi nama Young Indonesian Film Circle yang merupakan bagian dari festival.

Tujuan workshop adalah pengenalan pembuatan film pendek itu, tambah dia, bertujuan untuk membantu mengembangkan peluang karir sekaligus memberikan inspirasi untuk pembelajaran yang kreatif.

"Workshop itu akan dipandu penulis sekaligus sutradara Jessika Pilkes yang merupakan pemenang penghargaan sutradara mahasiswi terbaik yang diberikan oleh Persekutuan Sutrada Amerika," ujarnya.

Dia menambahkan, selain Jessika, acara itu juga dipandu Setu Raval yang bekerja untuk Sundance film Festival, Los Angeles Film Festival, yang menciptakan beberapa film pendek dokumenter.

Mereka sedang mengembangkan sebuah film layar lebar berjudul "White Elephant" yang akan syuting di Bali.

Selain mengadakan workshop film pendek, kata Sundari, pihaknya akan program film anak, yang merupakan kegiatan tahunan Balinale secara gratis yang dipandu Jajang C Noer dan Didi Petet.

"Setiap tahun kami menyediakan tiket festival dan transportasi gratis untuk anak-anak sekolah dan panti asuhan untuk bersama menikmati acara menonton film," ujarnya.

Balinale International Film Festival akan digelar 10-16 Oktober 2011. Pihak penyelenggara bertekad melanjutkan kesuksesan acara itu pada 2010 dengan mencetak rekor jumlah penonton  terbanyak selama festival.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011