Badung (Antaranews Bali) - Sebanyak 25 orang mahasiswa asing yang sedang menjalani studi di Bali, antusias saat menjadi model kompetisi "body painting" atau seni lukis tubuh yang diselenggarakan dalam rangkaian Pesona Nusa Dua Fiesta (PNDF) 2018.

"Ini pengalaman pertama saya menjadi model `body painting`. Sangat menyenangkan dan senang bisa ikut memeriahkan kegiatan ini," ujar mahasiswa asal Jerman, Katrina, di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu.

Ia mengatakan, meskipun merasa lelah karena proses melukis selama sekitar tiga jam. Dirinya merasa sangat puas melihat hasil lukisan yang digambar oleh seniman lukis di tubuhnya.

"Sebenarnya saya kesulitan melihat lukisan yang digambar di tubuh saya. Tapi sekilas terlihat seperti bentuk bangunan candi. Tapi ini sangat bagus dan selama proses melukis, senimannya juga tampak fokus," ujar mahasiswa yang sedang menjalani studi di Universitas Udayana itu.

Sementara itu, kegiatan kompetisi lukis tubuh tersebut diikuti oleh 25 orang model yang merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara, dan seniman lukis yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Pengembangan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Edwin Darmasetiawan, mengatakan, kegiatan seni lukis tersebut digelar setiap tahun dan diharapkan dapat mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada dunia melalui lukisan yang terdapat di tubuh model.

"Gambar-gambar yang dilukis para seniman hari ini juga menggambarkan motif tentang kekayaan etnis nusantara dan berbagai kenaekaragaman suku dan budaya yang dimiliki Indonesia," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan kompetisi lukis tubuh itu juga diselenggarakan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Bali dan kawasan Nusa Dua

"Para model yang merupakan warga asing ini merasa `happy` saat tubuhnya dilukis. Nantinya mereka akan menceritakan pengalamannya yang menarik itu kepada teman dan keluarga di negaranya yang diharapkan dapat menarik mereka untuk mengunjungi Bali," katanya. (WDY)

Video oleh Fikri Yusuf

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018