Solo (Antara Bali) - "Solo Batik Carnival 4" (SBC 4) yang sukses tampil di Solo pada 26 Juli 2011, terpilih mewakili Indonesia untuk ambil bagian dalam acara "Malaysia Association of Tour and Travel Agents (Matta) Fair" di Putra World Trade Center (PWTC) Kualalumpur, Malaysia, 12 - 14 Agustus 2011.

"Indonesia tampil dalam acara tersebut hanya diwakili oleh dua kota yaitu Solo dan Aceh. Dua kota ini merupakan hasil penunjukan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Purnomo Subagio, di Solo, Kamis.

Menurut dia, setiap tahun memang ada acara ini dan ditunjuk secara bergantian dari Kemenbudpar dan kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mempromosikan budaya di Indonesia.

Sebanyak 10 orang perwakilan SBC 4 yang dipilih dengan kategori dewasa dan kostum ini sudah berangkat ke Malaysia pada beberapa hari lalu. Peserta SBC 4 dari Indonesia itu nantinya tampil dalam "welcome dinner", "opening ceremony" dan pintu selamat datang sebelum acara dimulai.

Kegiatan tersebut merupakan ajang kegiatan bagi negara-negara Asia untuk melakukan promosi pariwisata. "Melalui kegiatan ini kami berharap Indonesia akan lebih dikenal lagi, khususnya Solo, mengenai potensi budayanya. SBC juga baru pertama kali ini mewakili Indonesia untuk kegiatan Matta Fair," katanya.

Menyinggung pendanaan untuk memberangkatkan tim SBC 4 dalam acara tersebut, Purnomo mengatakan dilakukan bersama-sama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta dengan Kemenbudpar.

Sebanyak 10 peserta yang mewakili SBC 4 tampil dalam Matta Fair itu termasuk peserta yang terbaik ketika tampil dalam SBC4 yang di gelar pada tanggal 26 Juni 2011 di Jalan Slamet Riyadi Solo.

SBC sendiri digelar setiap setahun sekali dan tahun ini merupakan yang keempat kalinya.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011