Denpasar (Antaranews Bali)  - Gubernur Bali Wayan Koster meminta Bupati dan Wakil Bupati Gianyar masa jabatan 2018-2023 yang baru dilantik, agar membuat program dan terobosan untuk membangun kabupaten yang terkenal dengan gudang seninya itu menjadi lebih baik lagi.
     
"Kepala daerah yang diplih dan dipercaya oleh rakyat  harus bekerja lebih cepat, cerdas dan cermat sehingga mampu membuat terobosan yang lebih progresif, berlandaskan nilai-nilai filosofi visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali'," kata Koster saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Bupati Gianyar I Made Mahayastra dan Wabup Gianyar Anak Agung Gede Mayun, di Denpasar, Kamis.
      
Orang nomor satu di Bali itu juga menekankan supaya Pemkab Gianyar bisa bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah lainnya serta pihak swasta dalam upaya menggali potensi Gianyar.
      
"Sementara dalam hal memecahkan masalah publik, saya harap Pemkab Gianyar bisa bekerja sama dengan DPRD, karena bagaimanapun eksekutif dan legislatif adalah mitra kerja," ujarnya.
     
Di sisi lain, terkait dengan penyusunan APBD, Koster mengarahkan untuk lebih mengutamakan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pariwisata dan perbaikan lingkungan dengan tetap memperhatikan asas-asas pengelolaan anggaran serta undang-undang yang lebih tinggi.
     
Sementara untuk penyusunan RPJMD Kabupaten Gianyar ke dapan dia berharap sesuai dengan konsep pembangunan yang telah tertuang dalam program provinsi yaitu "Nangun Sat Kerthi Loka Bali".
     
Dia menambahkan, semua itu implementasinya harus didasarkan pada semangat revolusi mental dalam mengabdi dan melayani masyarakat.
     
"Mari kita berikan yang terbaik untuk masyarakat Gianyar pada khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya," katanya pada acara yang dihadiri pula oleh Putri Suastini Koster, Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekda Bali Dewa Made Indra serta forum komunikasi pimpinan daerah Provinsi Bali itu, pimpinan OPD Pemprov Bali dan Kabupaten Gianyar itu.
     
Selain itu, Koster juga mengapresiasi pelaksanaan pilkada serentak termasuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar bisa berjalan dengan aman, damai dan lancar serta telah menghasilkan pemimpin terbaik pilihan rakyat.
     
"Hal ini tidak terlepas dari partisipasi aktif seluruh komponen yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pilkada," ucapnya.
      
Selain pelantikan bupati dan wakil bupati, pada kesempatan tersebut Putri Suastini Koster juga melantik Dayu Surya Adnyani Mahayastra sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar dan sekaligus menjadi Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018