Denpasar (Antaranews Bali) - Sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Tottori Jepang melaksanakan program "mengajar" di Kota Denpasar, Bali, sebagai tindak lanjut dari kerja sama dengan Pemkot Denpasar dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di kota setempat.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara didampingi Kadis Dikpora Wayan Gunawan saat menerima dosen dan mahasiswa Universitas Tottori Jepang, di Denpasar, Rabu, mengatakan pihaknya terus menjajaki dan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Ia mengatakan kehadiran dosen dan mahasiswa Universitas Tottori merupakan implementasi kerja sama antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Jepang di berbagai bidang sejak enam tahun lalu.

"Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi kerja sama dengan Universitas Tottori di bidang pendidikan dan kebudayaan tersebut. Kerja sama semacam ini sangat penting guna menunjang peningkatan mutu pendidikan di Kota Denpasar yang menjadi dasar pembangunan perkotaan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Denpasar, Prof Dr. Putu Rumawan Salain mengatakan pihak UniversitasTottori sudah beberapa kali melakukan kerja sama dengan berbagai instansi pendidikan di Kota Denpasar. Kedatangan pihak univeristas tersebut menjadi kesempatan emas bagi instansi pendidikan untuk bertukar pikiran dan gagasan mengenai pendidikan dan kebudayaan. 

Ia mengatakan kerja sama tersebut dapat dijadikan aset untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Denpasar, karena Denpasar memerlukan kualitas dan inovasi dalam pendidikan. 

"Mahasiswa yang dari Jepang akan tinggal beberapa hari di Kota Denpasar dan mengajarkan secara gratis bahasa serta kebudayaan Jepang melalui lembaga kursus Bahasa Jepang Mataken Gakko," kata Rumawan Salain.

Pendiri Mataken Gakko, I Gusti Ketut Pujawan yang turut mendampingi perwakilan Universitas Tottori mengatakan  kerja sama antara instansi pendidikan di Kota Denpasar dengan Jepang diharapkan akan berjalan semakin erat karena berbagai universitas yang ada di Jepang semakin tertarik datang ke Denpasar untuk memberikan kursus Bahasa Jepang kepada masyarakat. 

"Kali ini dosen dan mahasiswa Universitas Tottori yang berkesempatan berbincang dengan Sekda Rai Iswara adalah dosen Sugimoto Joji dan mahasiswa Shigematsu Rika serta Terada Mayu. Jalinan kerja sama ini bisa semakin erat tentunya tak terlepas karena dukungan Pemkot Denpasar," ujar Pujawan

Pujawan mengatakan selain mengajar Bahasa Jepang mereka juga mempelajari kebudayaan Bali. Dengan mengetahui kebudayaan Bali secara mendalam mereka bisa mempublikasikan atau memperkenalkan  di daerah asalnya sehingga wisatawan dari Jepang banyak yang berkunjung ke Kota Denpasar," ucapnya.

Seorang mahasiswa Universitas Tottori, Shigematsu Rika mengaku sangat antusias dapat mengikuti program mengajar di Kota Denpasar. "Masyarakat Kota Denpasar saya lihat sangat ramah dan bersahabat. Tentu pengalaman berada disini sangat berharga bagi saya. Tentu dari pengalaman ini juga akan saya sampaikan kepada publik di Jepang," katanya. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018