Denpasar (Antaranews Bali) - Keberadaan Senam Andrie Wongso Sehat Semangat Senang (AW-S3) semakin diminati masyarakat Bali, karena senam tersebut tidak terbatas pada umur dan gerakannya dinamis.

"Pertumbuhan klub-klub sudah terbentuk hampir semua kabupaten dan kota di Bali maupun di luar Bali," kata Ketua Senam AW-S3 Bali Sudiarta Indrajaya disela acara HUT ke-1 Klub Siwa Bali di Denpasar, Selasa.

Sudiarta Indrajaya yang juga Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Bali mengatakan pihaknya akan menata klub-klub yang dibentuk dengan menambah instruktur. Walau saat ini diakui keberadaan instruktur senam tersebut masih terbatas jika dibandingkan dengan jumlah penggemar senam.

"Penataan ini agar pelatihan senam AW-S3 tertata sesuai aslinya sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal," ujarnya.

Senam AW-S3 terdiri dari enam gerakan, yaitu pemanasan atas dan bawah, meditasi, senam empat gerakan, dan senang-senang.

"Selain bermanfaat menjaga kesehatan juga ternyata dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dan kami harapkan senam ini mampu menjadi perekat bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Klub Senam AW-S3 Siwa Bali Eva Carolina Tio mengatakan pihaknya siap mendukung upaya pengembangan senam tersebut untuk wilayah Bali dan Nusra.

"Saya komitmen akan terus menyebarkan senam ini kepada siapa saja dan dimana saja. Terlebih lagi sekarang akan dibentuknya wadah yang menaungi Senam AW-S3 di Bali," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pemilihan instruktur akan diseleksi ketat, baik kemampuan menguasai materi maupun karakter yang baik serta jiwa kepemimpinan (leadership).

Dengan catatan, mereka agar memiliki kepedulian dan pengabdian yang tulus ikhlas, karena tidak ada yang membayar.

Baca juga: Senam AW-S3 canangkan masuk desa di Jembrana
Baca juga: Senam AW-S3 semakin diminati masyarakat

Ketua Panitia HUT Pertama Klub Senam AW-S3 Siwa Bali Juniwati mengatakan perayaan HUT Klub Siwa Provinsi Bali sebagai rasa syukur atas perkembangan Senam AW-S3 yang sangat cepat hingga ke sejumlah desa di Pulau Dewata.

"Acara HUT ini dikemas sederhana dengan tema 'Dari Kita Untuk Kita' yang dihadiri 500 pecinta senam AW-S3, Perhimpunan Inti Bali dan PEXI Bali," ujarnya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018