Denpasar,  (Antaranews Bali) - Kepolisian Daerah Bali bersama Asosiasi Tuna Indonesia Provinsi Bali dan masyarakat Pulau Dewata mengirim bantuan logistik untuk masyarakat yang tertimpa gempa Lombok, guna meringankan beban dan membantu sesama.

Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose di Denpasar, Rabu, yang melepas pemberangkatan puluhan truk yang membawa bantuan logistik berupa kebutuhan pokok seperti makanan, kasur, selimut dan lainnya ke Lombok, NTB. "Saya mengucapkan terima kasih kepada partisipasi kepada anggota kepolisian, mitra kerja dan masyarakat Bali ikut merasakan penderitaan masyarakat di Lombok dengan memberikan sumbangan kepada masyarakat Lombok. Yang dipercayakan dalam penyalurannya oleh Polda Bali,"  katanya.

Hingga saat ini, kepolisian masih bersiaga untuk membantu korban yang tertimpa bencana Gunung Agung, meskipun jumlah pengungsinya sedikit. Namun, dampak gempa Lombok beberapa waktu lalu itu juga sangat dirasakan di Bali.  "Saling menolong sangat penting, sehingga kita perlu melihat saudar-saudara kita disana," ujarnya.

Apabila masih ada partisipasi dari masyarakat yang ingin membantu warga Lombok, dapat juga melalui Polda Bali yang akan dicatat dengan baik dan dipertangungjawabkan dengan benar. Upaya yang dilakukan Polda Bali bersama para donatur ini sebagai bentuk keperdulian yang nyata untuk membantu warga yang terisolir akibat gempa beberapa waktu lalu. "Mereka membutubkan uluran tangan dari kita, ini wujud solidaritas kebangsaan," ujarnya.

Berdasarkan catatan total dana yang terkumpul dari seluruh anggota Polda Bali, Asosiasi Tuna Indonesia Provinsi Bali, pengusaha dan masyarakat di Pulau Dewata terkumpul mencapai Rp300 juta lebih. Sebelumnya, Reserse Kriminal Khusus Polda Bali juga telah menyalurkan bantuan ke Lombok melalui Pelabuhan Padang Bai, Karangasem dengan pengawalan Satuan PJR Polda Bali.

Dimana dalam pengawalan itu ada empat personel Polda Bali, AKBP Jony Lain, AKBP I Putu Darma, Ipda Rionson Ritonga dan Aiptu Elia Benyamin Saduk telah menyerahkan bantuan tersebut kepada para korban gempa yang berada di pengungsian.

Untuk jenis bantuan yang disalurkan yakni 1700 dus aqua, 250 dus makanan kering, 250 dus mie instan, 10 picis matras, tiga kantong selimut, dua terpal, empat karung beras dengan berat masing-masing 25 kg, dua dus pempers, perlengkapan mandi dan dapur lainnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana mengatakan, dua truk tersebut membawa bantuan itu telah tiba di Lombok dan telah diserahkan kepada korban gempa Lombok yang berada di lokasi pengungsian rungkang jangkung di Jalan Kerajinan 1 Blok D Nomor 1, Mataram, NTB. "Ini sudah menjadi tugas PJR sebagai pelindung, pengayom dan pelayan terhadap setiap pemakai jalan. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat untuk korban gempat lombok," katanya.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018