Denpasar, 30/7 (Antara) - PKK Kota Denpasar yang mampu mengaplikasikan program-programnya mampu mengantarkan PKK Kelurahan Pedungan menjadi salah satu nominasi dalam lomba IVA Test (inspeksi visual dengan asam asetat) tingkat nasional.

"Kami mengapresiasi Tim Penggerak PKK Kota Denpasar yang mampu mengantarkan PKK Pedungan menjadi nominator di tingkat nasional," kata Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo di Denpasar, Senin.

Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan TP PKK Kota Denpasar mampu membuktikan pelaksanaan program PKK yaitu salah satunya IVA Test yang telah dilaksanakan secara baik dengan melibatkan semua masyarakat, terutama ibu-ibu sebagai sasaran pelaksanaan IVA Test.

Untuk itu, kata dia, ke depannya semangat gotong-royong harus tetap dipertahankan yang merupakan ciri khas dari kepribadian bangsa Indonesia.

Dari sejumlah kelurahan yang menjadi nominator, bahwa Kelurahan Pedungan menampilkan semangat gotong-royong dalam melaksanakan setiap programnya. Karena ini merupakan faktor kunci dalam menyukseskan pembangunan, baik mulai dari keluarga sampai tingkat pemerintah pusat.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara mengatakan Pemerintah Kota Denpasar sangat menyadari dalam prosesi pembangunan ada tiga hal penting yang menjadi perhatian, yaitu bidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang infrastruktur.

Khusus untuk bidang kesehatan terutama terkait IVA Test untuk pencegahan kanker serviks, Pemerintah Kota Denpasar mulai tahun 2013 telah memberikan imunisasi gratis untuk pencegahan kanker serviks pada anak-anak SMP di Kota Denpasar.

Begitu juga setiap tahunnya telah menyasar 2.700 anak siswa SMP. Pada tahun 2018 Pemerintah Kota Denpasar kembali membuat inovasi dalam mencegah terjadinya kanker serviks dengan menyasar 6.924 anak-anak SD mulai kelas V.?

Di samping itu, kata Rai Iswara, Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan sosialisasi untuk mengajak masyarakat melakukan pengecekan secara rutin. Dengan melibatkan seluruh instansi terkait terutama TP PKK Kota Denpasar melalui 10 program Pokok PKK.

"Termasuk juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya merokok terlebih Kota Denpasar telah mempunyai Perda larangan untuk merokok ditempat-tempat umum," ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Pedungan Luh Lilik Naeni mengatakan untuk pelaksanaan IVA Test di Kelurahan Pedungan, pihaknya bersama kader dan tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Kota Denpasar langsung menyasar ke rumah-rumah untuk melakukan penyuluhan.

Ia mengatakan dari penyuluhan tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat terutama ibu-ibu untuk melakukan IVA Test. Hal ini dibuktikan dari cakupan yang mengikuti IVA Test mengalami peningkatan dari 303 orang pada tahun 2016 menjadi 935 orang pada tahun 2017.

Dari jumlah tersebut ditemukan dua orang mengalami IVA Test positif tahun 2016 dan tahun 2017 sebanyak tujuh orang, sehingga dilakukan tindakan lanjutan.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018