Denpasar (Antaranews Bali) - Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose, meminta segenap anggotanya agar mengubah mental yang awalnya ingin dilayani, agar bisa menjadi pelayan masyarakat, sehingga menjadi "Rastra Sewakottama" (polisi abdi utama nusa dan bangsa).

"Peringatan Hari Bhayangkara ke-72 ini saya menekankan kepada segenap anggota kepolisian, agar mengubah mental untuk siap melayani masyarakat," ujar Golose di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Rabu.

Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, jenderal bintang dua ini mengatakan segenap anggota kepolisian polisi harus menjadi "Rastra Sewakottama" yang artinya polisi sebagai abdi utama nusa dan bangsa.

Golose mengatakan, sesuai perintah Kapolri Tito Karnavian agar anggota kepolisian menjadi profesional, modern dan terpercaya bagi masyarakat yang tidak terlepas dari peran media yang juga diharapkan berpartisipasi terkait hal ini.

"Minimal kita sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan dibuktikan dari hasil penelitian Universitas Indonesia dan Universitas Udayana dimana kepuasan masyarakat Pulau Dewata terhadap kinerja Kepolisian Daerah Bali, amat sangat dipercaya," kata Golose.

Kepercayaan dari masyarakat ini disebabkan keseriusan Polda Bali dalam mengungkap kejahatan dunia dalam jaringan atau "online" (cyber crime) Tahun 2017 dan saat ini melalui bekerja sama dengan negara lain yang  masuk hingga dalam peradilan atau ekstradisi.

Untuk pengungkapan "trans nasional crime", tidak juga harus diadili di Indonesia, namun dapat juga melakukan ekstradisi ataupun deportasi yang sudah kami lakukan.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo juga mengakui dan memberikan apresiasi kepada kepolisian yang mampu mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang berjalan dengan lancar.

Kemudian, dalam amanat presiden, dikatakan bahwa Indonesia sudah masuk sepuluh negara aman di dunia dan hal ini juga mendapatapresiasi kepolisian dalam melakukan upaya pemberantasan dan penanggulangan terorisme.

"Ini merupakan prestasi luar biasa Untuk di Bali, semenjak saya menjadi Kapolda sudah membuat satuan tugas CTOC, dimana dari sepuluh kejahatan trans nasional itu sudah melaksanakannya," ujarnya. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018