Denpasar (Antaranews Bali) - Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh A. M. Suharyadi mengaskan dan meyakini seluruh anggotanya tetap netral menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 diseluruh Tanah Air, karena hal ini mutlak bagi seluruh prajurit.
     "Hal ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena sudah sesuai kebijakan dari komando," ujar M. Suharyadi dalam siaran persnya di Denpasar, Selasa.
     Ia mengatakan, TNI tidak berpolitik praktis, karena tugas prajurit adalah menjaga pesta demokrasi tersebut berlangsung, tertib, aman dan lancar serta sesuai aturan ketentuan yang ada.
     Sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), tugas TNI adalah melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri termasuk dalam pelaksanaan Pilkada serentak tersebut.
     "Tugas perbantuan yang dilaksanakan didasari atas permintaan atau menimbang situasi yang harus dihadapi," katanya.
     Danrem juga mengingatkan seluruh jajaran untuk meningkatkan kesiapan termasuk memerintahkan para Dandim memonitor situasi wilayah bekerjasama dengan para Kapolres serta harus dapat memastikan segala logistik Pilkada terdistribusi secara aman dan lancar sampai ke desa-desa.
     Pihaknya mengingatkan, seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Korem 163/Wira Satya dan keluarga yang memilki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan hati nurani masing-masing, tanpa tekanan atau pengaruh dari pihak manapun.
     Berdasarkan laporan dan pengamatan Danrem, kondisi keamanan wilayah Provinsi Bali jelang pelaksanaan Pilkada yang puncaknya pada tanggal 27 Juni 2018, secara umum sangat kondusif.
     Tahapan Pilkada serentak, diakuinya sudah berlangsung aman dan tertib, hal ini menurutnya menunjukkan tingkat kedewasaan masyarakat Bali dalam berdemokrasi semakin baik.
     Pihaknya juga mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pelaksanaan Pilkada ini dapat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.
     "Siapapun memenangkan Pilkada tersebut adalah merupakan pilihan terbaik dari rakyat yang nantinya mendapatkan kepercayaan memimpin daerah dan dengan harapan juga mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat.
     Sebelumnya, Dandrem memberikan pengarahan kepada para jajarannya, beserta para Kasi Korem 163/Wira Satya dan perwira staf lainnya pada Senin Sore (25/06) di Ruang Rapat Tanah Aron, Makorem 163/Wira Satya juga bersikap netral, artinya tidak memihak kepada salah satu kontestan atau pasangan calon.(I020)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018