Denpasar (Antaranews Bali) - Ketua Tim Observasi dan Visitasi Provinsi Bali, Ni Made Suciani mengapresiasi perhatian Pemerintah Kota Denpasar terhadap dunia pendidikan, sehingga mampu mencetak guru atau pendidik yang berprestasi.

"Dunia pendidikan di Denpasar berkembang dan maju sangat pesat, sehingga banyak siswa, guru dan pengawas yang berprestasi, baik tingkat daerah maupun nasional," katanya disela melakukan observasi dan visitasi terhadap pengawas berprestasi di Denpasar, Selasa.

Menurutnya observasi dan visitasi tersebut sangat perlu untuk mengkroscek data yang telah di kirim selama ini. Dengan demikian data yang dikirim sama dengan fakta-fakta yang ada di lapangan.

"Kami hanya ingin mencocokan antara data yang telah dikirim dengan fakta-fakta yang ada di lapangan. Sehingga kami dapat gambaran yang utuh apakah sudah sesuai dengan indikator penilaian sebagai pengawas berprestasi," jelasnya.

Ia mengemukakan semua komponen pendidikan akan dinilai karena indikator untuk penilaian pengawas berprestasi sudah sangat jelas. Salah satu, dia mencontohkan sebagai pengawas berprestasi harus mempunyai karya tulis yang sudah dimuat dalam jurnal, dan sampai ada enam kompetensi penilaian-penilaian lainnya untuk pengembangan pengawas.

Menurut dia, peran pengawas dalam dunia pendidikan sangat penting untuk mengembangkan kompetensi guru yang lain. "Kami memandang peran pengawas sangat penting dalam dunia pendidikan saat ini. Karena pengawas harus mampu memotivasi dan mengantarkan dunia pendidikan lebih maju," ucapnya.

Sementara Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Iswara juga mengakui peran pengawas sangat penting dalam memotivasi dan memfasilitasi dunia pendidikan sehingga terus berkembang.

Untuk itu dalam menyambut proses evaluasi harus dipersiapkan secara serius dan mengikuti ketentuan yang telah menjadi pedoman untuk penilaian. "Saya berharap sekecil apapun kegiatan proses pendidikan harus disiapkan secara matang. Mengingat pendidikan merupakan pembangunan yang sangat mendasar," ujarnya.

Ia mengatakan dalam dunia pendidikan ada tiga hal peran penting yang harus dilaksanakan, meliputi mampu memberikan rasa teladan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, kualitas diri guru harus terus ditingkatkan melalui proses belajar, dan yang terakhir guru harus mampu fokus dalam menjalankan proses pendidikan.

Semua peran pendidikan ini dapat diwujudkan fungsi dan peran pengawas di sekolah dapat berjalan dengan baik. Ke depannya peran pengawas menjadi prioritas untuk meningkatkan profesionalisme guru.

"Kami menyambut baik evaluasi pengawas SMP berprestasi. Karena ini salah satu langkah dalam meningkatkan profesionalisme pengawas," ujar Rai Iswara. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018