Mangupura (Antara Bali) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung, menggelar pelatihan pendekatan "Contextual Teaching And Learning" (CTL) bidang studi matematika dan ilmu pengetahuan sosial terpadu bagi guru SMP negeri dan swasta.

Pelatihan CTL tersebut sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah di wilayah Kabupaten Badung, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika ketika  membuka kegiatan tersebut, Rabu.

Ia mengatakan, seorang tenaga pendidik dan kependidikan akan mampu memenuhi kewajiban jika memiliki kompetensi yang meliputi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 menetapkan ada delapan  standar nasional pendidikan yang meliputi isi, proses, kompetensi, lulusan, penelitian tindakan kelas, saana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian.

Oleh karena itu, seorang guru dituntut lebih banyak berperan sebagai pengajar dan pelatih untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik, ujar I Ketut Widia Astika.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan tersebut I Nyoman Suardana memaparkan, pelatihan berlangsung selama sepuluh hari dan diikuti 94  guru bidang studi matematika dan IPS.

Materi pelatihan meliputi kebijakan di bidang pendidikan, kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), CTL, penelitian tindakan kelas (PTK), metodelogi pembelajaran, telaah prangkat SK/KD dan pembuatan rencana pembelajaran.

Lewat kegiatan tersebut para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan baik sekaligus meningkatkan meningkatkan penguasaan materi dalam menunjang proses belajar mengajar.

Guru mempunyai peran yang sangat penting artinya dalam meningkatkan proses belajar mengajar. Dengan penguasaan materi yang baik, mereka akan mampu mengajarkan materi yang bisa diterima secara mudah oleh anak didik, ujar I Nyoman Suardana.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011