Denpasar (Antaranews Bali) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menyelenggarakan kegiatan kreativitas seni dan budaya, pelatihan fotografi kepada siswa SD, SMP, SMA dan SMK, untuk mengisi liburan anak-anak sekolah.

"Pemkot memberikan ruang kepada para siswa untuk mengisi liburannya dengan berbagai pelatihan, baik seni dan budaya maupun fotografi," kata Pelaksana Tugas Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan pendaftaran para peserta yang akan mengikuti pelatihan fotografi bisa mendatangi Bagian Humas dan Protokol, Pemkot Denpasar.

"Bagi peserta kegiatan tersebut tidak dipungut bayaran atau gratis. Bahkan pengumuman sudah juga disebar lewat media sosial," ucap Mayun Suryawangsa didampingi Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi Wayan Hendaryana.

Ia mengatakan kesempatan pelatihan fotografi tersebut tidak saja dari Kota Denpasar, tetapi juga dibuka untuk siswa luar Denpasar dengan melibatkan narasumber dan akademisi fotografer.

Menurut Mayun Suryawangsa, perkembangan teknologi fotografi saat ini sangat pesat, serta dengan hasil dari jepretan kamera tersbeut telah menjadi ekonomi kreatif.

Dikatakan, fotografi tidak saja merambah hobi bagi orang dewasa, namun kecintaan akan seni foto tersebut juga datang dari para siswa sekolah. Pelatihan-pelatihan dan lokakarya ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam dunia fotografi.

"Disamping pelatihan ini, Pemkot Denpasar juga telah mempersiapkan sarana berpameran bersama bagi para pecinta fotografi di Taman Pemuda atau Youth Park Denpasar berada di satu areal dengan Taman Kota, Kawasan Lumintang Denpasar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Fotografi Wayan Purbawa mengatakan pelatihan kali ini melibatkan dua narasumber, yakni I Made Bayu Pramana dan I Putu Dudyk Arya Putra dengan pelaksanaan pelatihan pada 21-22 Juni mendatang.

Tempat pelaksanaan pelatihan di Kantor Wali Kota Denpasar dan Warung Celagi Jalan Noja Nomor 23, Kedaton Kesiman Denpasar.

"Para peserta akan diberikan teknik-teknik dasar fotografi dan praktek langsung di lapangan cara pengoperasian kamera. Selain itu, para peserta telah dipersiapkan alat tulis, sementara untuk kamera dapat dibawa masing-masing peserta," ujarnya. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018