Denpasar (Antaranews Bali) - Upper Iowa University, Kanada, menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dan manajemen dengan Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar.

"Kedatangan kami untuk menawarkan kerja sama dengan Unhi yang merupakan untuk pertama kalinya di Indonesia," kata Assistant Vice President-Asia Operations Upper Iowa University, Kalai Ponniah, saat berkunjung ke Unhi Denpasar, Kamis.

Pihak Upper Iowa University menyatakan belum pernah bekerja sama dengan universitas lain di Indonesia, sedangkan kerja sama yang dijajaki dalam bentuk "double degree" yakni penyelenggaraan kegiatan antarperguruan tinggi untuk melaksanakan suatu program studi secara bersama serta saling mengakui lulusannya.

Khusus untuk Unhi Denpasar kerja sama pendidikan yang dijalin yakni di bidang ilmu manajemen, bisnis administrasi dan pendidikan anak usia dini. "Kerja sama bisa dilakukan di bidang ilmu manajemen, bisnis administrasi dan pendidikan anak," ucapnya.

Tawaran kerja sama dari Upper Iowa University disambut baik oleh Rektor Universitas Hindu Indonesia Prof Dr drh I Made Damriyasa MS.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Damriyasa mengatakan bahwa saat ini Unhi memang sedang gencar membangun jejaring kerja sama di bidang pendidikan dengan perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi yang lain, Unhi memiliki ciri khas tersendiri, karena berbasiskan Hindu.

Secara umum, lanjut Damriyasa, Unhi memiliki enam fakultas yang di antaranya adalah Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, Fakultas Teknik, Fakultas Mipa, Fakultas Pendidikan Agama dan Seni, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kesehatan. Unhi juga memiliki program Pascasarjana S2 dan S3 di bidang Pendidikan Agama Hindu, dan Ilmu Agama dan Kebudayaan.

Fakultas Kesehatan Unhi memiliki Prodi Kesehatan Ayurweda yang satu-satunya di Indonesia. Inilah keunikan dimiliki Unhi yang tidak dimiliki oleh Universitas lain di Indonesia.

"Saya sangat tertarik dengan tawaran kerja sama dari Upper Iowa University. Kerja sama bisa disesuaikan dengan bidang ilmu yang ada di sana. Jika ekonomi dan bisnis, kami memiliki Fakultas Ekonomi. Khusus untuk pendidikan anak, kita juga memiliki fakultas pendidikan," ujarnya didampingi Kepala Humas dan Kerjasama Unhi WA Sindhu Gitananda dan Sekretaris Humas I Gusti Agung Paramita itu.

Jadi, lanjut dia, ada beberapa bidang ilmu yang bisa dikerjasamakan. Kerja sama ini juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Universitas Hindu Indonesia. "Kami ingin Unhi menjadi universitas unggulan di Indonesia," ucap Prof Damriyasa.

Prof. Damriyasa menambahkan, selama ini Unhi sudah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi unggulan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Beberapa bulan lalu, Unhi sudah membuat MoU dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Khusus di bidang kesehatan Ayurweda Unhi juga sudah bekerjasama dengan Internasional Center for Culture Studies.

Ke depan, lanjut Prof Damriyasa, Unhi akan terus berupaya membangun kerja sama sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerja sama di bidang pendidikan sangat penting dilakukan untuk mendukung Unhi menjadi universitas unggulan.(WDY)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018