Mangupura (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, menggelar pembinaan penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung di Ruang Sandat Gosana, Gedung DLHK, Puspem Badung.
   
"Pembinaan ini secara rutin kami lakukan kepada seluruh perangkat daerah di Badung untuk membangun sebuah SAKIP yang benar, membangun SAKIP berangkat dari penyusunan Pohon Kinerja," ujar Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa, Selasa.
   
Sekda Adi Arnawa mengatakan, dengan dilaksanakannya pembinan SAKIP, apa yang direncanakan terkait pengelolaan anggaran di perangkat daerah akan fokus dengan kinerja yang akan capai untuk mendukung program dan kebijakan Bupati Badung.
   
"Dengan adanya SAKIP ini dapat menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan," katanya.
   
Adi Arnawa menjelaskan, apabila SAKIP sudah berbasis pohon kinerja, hasil dari SAKIP tersebut akan menjadi bagus. Dan dengan adanya SAKIP, ASN di Badung dapat mengetahui arah kebijakan daripada pimpinan dengan mewujudkan visi misi pimpinan.
   
"Selain itu, dengan SAKIP dari segi anggaran akan lebih efisien. Untuk itu kami akan terus mendorong agar perangkat daerah mempunyai pemahaman yang sama terkait penerapan SAKIP ini," kata Adi Arnawa.
   
Sekda Adi Arnawa menambahkan, pihaknya juga sangat mengapresiasi terkait pelaksanaan SAKIP di Pemerintahan Kabupaten Badung termasuk di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung.
   
"Kami lihat di DLHK ini penerapan SAKIP-nya sudah cukup bagus, kami harapkan DLHK mampu menjadi contoh untuk internal perangkat daerah di Badung," ujar Adi Arnawa. (WDY)

Pewarta: Fikri Yusuf

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018