Singaraja (Antaranews Bali) - Musisi Buleleng, Bali melalui wadah "North Bali Crossroad Community (NBC)" memperkenalkan dan memasyarakatkan musik blues dengan menggelar acara North Bali Blues di Krisna Beach Street Pantai Penimbangan Singaraja, Minggu malam.

Koordinator NBC Agus Adyatmika menjelaskan, masih banyak generasi muda belum mengenal musik blues meski sempat menjadi primadona pada era 1970-an. Musik tersebut identik dengan kalangan generasi tua, padahal banyak aliran musik yang dimainkan anak muda sekarang berasal dari musik blues.

Ia menyebutkan, musisi-musisi pesisir Bali utara sebenarnya banyak yang terpengaruh dengan genre blues. Namun tak banyak yang benar-benar terjun membawakan genre musik itu. Sejauh ini baru "The Souled Out" yang memperkenalkan diri sebagai band blues, dan telah menghasilkan album dengan nuansa blues.

Acara North Bali Blues ini juga bisa disebut sebagai semacam pemanasan dari acara Bali Blues Festival yang digelar pada Mei nanti. North Bali Blues diisi oleh sejumlah kelompok band seperti Bali Blues Brother, The Trytones, Naca N? Friends, Brother in Arms, The Souled Out feat. NBC, serta Sound of Mine. Selain itu ada pula beberapa musisi blues senior, seperti Dewa Sukadana alias Ajik Gaguk dan Dewa Suwija.

Baca juga: Bali Blues Festival Pukau Pecinta Musik

Selain menggelar North Bali Blues, NBC juga sedang merancang sejumlah acara lain yang intinya untuk memasyarakatkan musik blues di Bali, terutama di Buleleng. Kini sudah terdapat 20 orang musisi yang tergabung dalam wadah NBC. Mereka berasal dari sejumlah band yang bermarkas di Buleleng. Selain sebagai wadah melakukan jam session, NBC juga jadi wadah berbagi informasi seputar blues. (I006/adt)

Pewarta: Adnyana

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018