Denpasar (Antaranews Bali) - Calon Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengatakan keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di daerah ini harus diperkuat dalam upaya membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Lembaga keuangan yang berbasis desa adat harus diperkuat dalam menumbuhkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat Bali," kata Cawagub Ketut Sudikerta di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan keberadaan LPD yang berdiri sejak tahun 1980-an sudah memberi dampak positif kepada masyarakat Pulau Dewata, karena dalam peminjaman keuangan harus mendapatkan persetujuan dari pengurus adat setempat.

"Dengan pola itu, maka keuangan LPD tersebut sangat sehat. Karena kesadaran masyarakat terhadap pembayaran kreditnya sangat taat," ujar pasangan calon nomor urut 2.

Sudikerta lebih lanjut mengatakan saat ini ada sekitar 1.400 LPD yang tersebar di desa pakraman (adat) di Bali, namun ada sedikitnya 58 desa belum memiliki lembaga keuangan tersebut.

Baca juga: Sudikerta minta aparat usut bule naik Padmasana

"Oleh karena itu, jika dipercaya masyarakat memimpin Bali lima tahun ke depan mendampingi Cagub Rai Mantra, maka lembaga keuangan tersebut semuanya harus sudah ada, sehingga pemerataan pembangunan di pelosok pedesaan akan terwujud," ucapnya. (I006/adt)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018